Hadirkan Keindahan Kalimantan, Alben Angkat Tema The Eyes of Ruai

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

10 September 2023 11:57 10 Sep 2023 11:57

Thumbnail Hadirkan Keindahan Kalimantan, Alben Angkat Tema The Eyes of Ruai Watermark Ketik
Koleksi Alben Ayub dengan tema The Eyes of Ruai. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Gelaran Surabaya Fashion Parade (SFP) 2023 masih berlangsung hingga hari ini, Minggu (10/9/2023).

Memasuki hari terakhir, banyak desainer yang telah memamerkan karyanya kepada para pecinta fashion di Surabaya. Salah satunya adalah Alben Ayub Andal, berkolaborasi bersama Ri Clothing dirinya meluncurkan koleksi bertema "The Eyes of Ruai".

Tema ini terinspirasi dari keindahan burung ruai yang hidup di daerah Sambas, Kalimantan Barat. Burung ini dikenal memiliki bulu yang indah dan suara yang lantang.

Sebagai putra asal Kalimantan Alben ingin mengeksplor berbagai keindahan daerah asalnya. Oleh sebab itu, lewat desainnya kali ini, ia ingin memperlihatkan keindahan Kalimantan kepada para pecinta fashion Jawa Timur.

"Kebetulan saya dan tim berasal dari Kalimantan, sehingga saya ingin mengeksplor lebih banyak mengenai keindahan Kalimantan melalui koleksi kali ini," jelasnya saat ditemui di sela-sela SFP 2023, Minggu (10/9/2023).

Untuk koleksi kali ini, ia menggunakan warna-warna alam dengan bordir berbentuk bunga tropis khas Kalimantan, dan dipadu dengan hiasan bulu burung ruai yang menyatu menjadi suatu karya unik yang menggambarkan keindahan alam nusantara. 

Foto Alben Ayub bersama para mahasiswa yang ikut berkolaborasi. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Alben Ayub bersama para mahasiswa yang ikut berkolaborasi. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Alben mengeluarkan sekitar 13 koleksi, semua koleksinya kali ini dirinya dikerjakan oleh para penjahit dari mahasiswa jurusan tata busana. Hal ini dilakukan untuk memberikan pembelajaran mengenai industri fashion yang selalu berkembang.

"Kali ini saya dibantu oleh sekitar 20 anak-anak universitas jurusan tata busana. Jadi saya cuma mendesain dan mereka yang mengerjakan," tambahnya.

Salah satu mahasiswa asal Unesa, Galuh merasa sangat senang dan bersyukur bisa ikut berpartisipasi membuat gaun yang diperagakan di gelaran Surabaya Fashion Parade 2023. Hal ini merupakan pengalaman baru yang tak terlupakan dan juga menjadi kebanggaan karena karyanya bisa dipamerkan di SFP 2023.

"Belajar banyak banget disini, apalagi mas Alben ngajarinnya sabar banget. Suatu kebanggaan karya saya bisa dipertontonkan ke orang banyak," tutur Galuh.(*)

Tombol Google News

Tags:

Alben Ayub Andal Ri Clothing Surabaya Fashion Parade 2023 Fashion show The Eyes of Ruai Mode Desainer