Hadiri Pelantikan Anggota DPRD, Pj Wali Kota Berharap Sinergi Legislatif dan Eksekutif Makin Kuat

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

30 Agustus 2024 13:44 30 Agt 2024 13:44

Thumbnail Hadiri Pelantikan Anggota DPRD, Pj Wali Kota Berharap Sinergi Legislatif dan Eksekutif Makin Kuat Watermark Ketik
Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai memberikan selamat Anggota DPRD Kota Batu Periode 2024-2029, Jumat, 30 Agustus 2024. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai menaruh keyakinan bahwa 30 Anggota DPRD yang baru dilantik akan menjadikan Kota Wisata Batu yang lebih maju dan sejahtera. 

Hal ini disampaikan saat memberikan sambutan pada Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kota Batu Periode 2024-2029 di Gedung DPRD Kota Batu, Jumat, 30 Agustus 2024.

Pelantikan berlangsung khidmat dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Malang, Rosihan Juhriah Rangkuti. Dilanjutkan dengan pemasangan pin dan penyerahan Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu, Aries berharap, mulai saat ini hingga 5 tahun ke depan, kolaborasi dan sinergitas yang semakin kuat antara eksekutif dan legislatif akan semakin erat terjalin.

Sehingga program kegiatan pemerintah benar-benar sesuai dengan pelayanan dan aspirasi masyarakat.

"Kami berharap dengan DPRD yang baru kolaborasi dan sinergitas semakin baik dan akan semakin menguatkan kinerja pemerintahan ke depan, karena kita memiliki tujuan yang sama yaitu kesejahteraan masyarakat," harapnya.

Dalam pelantikan itu juga diumumkan Ketua dan Wakil Ketua Sementara DPRD 2024-2029. Yaitu M Didik Subianto dan Punjul Santoso yang ditandai dengan penyerahan palu sidang dan buku progres report DPRD dari Asmadi, Ketua DPRD Periode 2019-2024.

Aries juga menyampaikan sambutan Menteri Dalam Negeri RI yang berpesan bahwa DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah bermitra sejajar dengan kepala daerah memiliki fungsi strategis yaitu fungsi pembentukan peraturan daerah, fungsi anggaran dan juga fungsi pengawasan.

Selanjutnya, Mendagri mengingatkan setiap anggota DPRD dipilih dalam Pemilu yang pencalonannya melalui Partai Politik. 

"Namun demikian, yang perlu digaris-bawahi, bahwa sebesar apapun kepentingan partai politik, hendaknya menempatkan kepentingan publik diatas kepentingan pribadi atau golongan," ujarnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu DPRD Kota Batu Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai