GKT Jember Bangun Keharmonisan di Momen Ramadan dan Paskah

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

25 Maret 2024 05:18 25 Mar 2024 05:18

Thumbnail GKT Jember Bangun Keharmonisan di Momen Ramadan dan Paskah Watermark Ketik
Pasar murah tersedia bagi masyarakat yang membutuhkan di sekitar lingkungan GKT Jember (24/3/2024) (Foto: Panitia Pasar Murah GKT Jember)

KETIK, JEMBER – Setiap bulan Ramadan, Gereja Kristus Tuhan (GKT) Jember selalu mengadakan pasar murah bagi masyarakat yang berada sekitar gereja. 

Cukup berbeda pada tahun ini, bulan Ramadan yang juga bertepatan dengan peringatan Paskah bagi umat kristiani. GKT Jember sebut ini merupakan momen harmonisasi umat lintas iman.

Bertepatan dengan Pra Paskah pada Minggu, (24/3/2024) kemarin, GKT Jember menggelar pasar murah di halaman gereja. Tersedia sembako, pakaian, tas, sepatu, dan banyak lainnya untuk masyarakat dari RW 18 dan 19 Jalan Trunojoyo, Lingkungan Tembaan, Kelurahan Kepatihan, Kaliwates.

Pasar murah ini terbatas hanya untuk warga yang kurang mampu secara ekonomi dan diajukan oleh ketua RT maupun ketua RW sekitar gereja. Adapun tujuannya agar pasar murah ini tepat sasaran dengan memberikan kupon kepada masyarakat penerima manfaat.

Foto Antusias masyarakat sambut pasar murah yang digelar GKT Jember (24/3/2024) (Foto: Panitia Pasar Murah GKT Jember)Antusias masyarakat sambut pasar murah yang digelar GKT Jember (24/3/2024) (Foto: Panitia Pasar Murah GKT Jember)

Chin Siat Lie, Rohaniawan GKT Jember mengatakan bahwa pasar murah ini sebuah media toleransi dan harmonisasi masyarakat yang berasal dari beragam suku dan agama.

“Melalui kegiatan pasar murah dan berbagai kegiatan gotong royong serta kerjasama yang sering dilakukan gereja dengan masyarakat sekitar,” ujar Chin.

Kegiatan tersebut berperan membangun keharmonisan dan toleransi sesuai dengan nilai pancasila. Serta semboyan Bhineka Tunggal Ika.

“Kita rindu perbedaan tidak menjadi ketakutan dan batasan namun menjadi kesempatan untuk saling peduli dan toleransi satu dengan yang lain,” tutup perempuan yang juga mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Negeri Malang.(*)

Tombol Google News

Tags:

GKT Jember Pasar Murah Ramadan toleransi beragama harmonisasi umat lintas agama Jember Gereja Kristus Tuhan