Gelaran Surabaya Vaganza, Wali Kota Eri Ingatkan Warga Sejarah Kota Pahlawan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

26 Mei 2024 12:13 26 Mei 2024 12:13

Thumbnail Gelaran Surabaya Vaganza, Wali Kota Eri Ingatkan Warga Sejarah Kota Pahlawan Watermark Ketik
Pertunjukan pawai budaya memeriahkan Surabaya Vaganza 2024. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menggelar pawai mobil hias dan budaya Surabaya Vaganza 2024. Acara ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Jadi ke-731 Kota Surabaya.

Semarak kemeriahan Surabaya Vaganza sudah terlihat sejak pagi hari. Banyak masyarakat yang memadati area Tugu Pahlawan untuk melihat persiapan mobil hias dan peserta pawai budaya.

Pada gelaran Surabaya Vaganza kali ini, tema yang diangkat adalah 'The Chronicle of Surabaya'. Tema ini menggambarkan perjalanan Kota Surabaya mulai dari masa prasejarah hingga era modern.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi berharap dengan adanya tema tersebut, masyarakat Kota Pahlawan bisa mengetahui sejarah dan perkembangan Kota Surabaya.

"Orang Surabaya tidak pernah lupa dengan sejarahnya. Orang Surabaya harus ingat, bagaimana berdirinya dan mempertahankan Kota Surabaya," kata Eri saat menyampaikan sambutan di depan Tugu Pahlawan.

Foto Aneka mobil hias meriahkan Surabaya Vaganza 2024. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Aneka mobil hias meriahkan Surabaya Vaganza 2024. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Tak lupa Eri Cahyadi juga mengajak warga Kota Surabaya untuk hidup rukun dan menjunjung tinggi semangat gotong-royong. Menurutnya, perbedaan tidak boleh jadi penghalang, namun sebagai pemersatu dalam membangun Kota Surabaya.

"Kita tunjukkan bahwa warga Surabaya keras. Bukan keras hatinya, tapi, keras prinsipnya dan pekerja keras. Namun, tetap lembut hatinya," tambahnya.

Sementara itu salah satu warga Mulyono mengaku selalu datang ke event Surabaya Vaganza setiap tahun. Untuk tahun ini, ia menyebut acaranya lebih menarik karena menceritakan perjalanan Kota Surabaya.

"Tahun ini acaranya lebih tertata ya. Ceritanya lebih menarik ada cerita yang ditawarkan kepada masyarakat. Selain itu juga lebih tertata," tuturnya.

Sebagai informasi event Surabaya Vaganza ini diikuti oleh berbagai komunitas, masyarakat umum, swasta, BUMD, dan perguruan tinggi. Masyarakat juga disuguhi penampilan 22 mobil hias dan juga 22 peserta pawai budaya.(*)

Tombol Google News

Tags:

HJKS Surabaya Vaganza Mobil Hias Pawai Budaya Pemkot Surabaya