Gandeng Forkopimcam Perak, YPBU Gadingmangu Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

1 Juni 2023 12:15 1 Jun 2023 12:15

Thumbnail Gandeng Forkopimcam Perak, YPBU Gadingmangu Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 Watermark Ketik
Suasana Upacara Hari Lahir Pancasila di YPBU Gadingmangu, Perak, Jombang, (1/6/2023). (Foto: Humas YPBU Gadingmangu)

KETIK, JOMBANG – Yayasan Pendidikan Budi Utomo (YPBU) Gadingmangu menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Pondok Pesantren Gadingmangu, Perak, Jombang pada Kamis (1/6).

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sembung, Serka Jaka Susila bertindak sebagai Komandan upacara. Sementara Camat Perak, Drs. Supriyono  menjadi Pembina Upacara. Kemudian yang bertindak sebagai Perwira Upacara, Umarosyid, A.Md.

Beberapa anggota Forkopimcam turut menghadiri Upacara di antaranya Danramil 0814/05 Perak Kodim 0814 Jombang, Kapten Inf Nasichin beserta anggotanya; Wakapolsek Perak, Aiptu Panca Sampurna beserta anggotanya; Kepala Puskesmas Perak, Oisatin, SST, MM beserta Humas Puskesmas Perak; Kepala Desa Gadingmangu, M. Golkar.

Sesuai dengan tema Harlah Pancasila 2023 yaitu “gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global”, dalam amanahnya Drs. Supriyono mengingatkan betapa pentingnya semangat gotong royong untuk memajukan bangsa.

“Sejarah mencatat dan membuktikan bahwa seluruh permasalahan yang dihadapi oleh bangsa dapat kita hadapi dan selesaikan jika segenap komponen bangsa saling bergotong royong dan bersatu padu,” ungkapnya dalam rilis resmi Yayasan Pendidikan Budi Utomo (YPBU) Gadingmangu.

Foto Jajaran Forkopimcam Perak, Jombang usai upacara. (Foto: Humas YPBU Gadingmangu)Jajaran Forkopimcam Perak, Jombang usai upacara. (Foto: Humas YPBU Gadingmangu)

Ditemui usai pelaksanaan Upacara, Camat Perak mengingatkan kembali akan falsafah dasar bangsa bahwa Pancasila merupakan salah satu dari tiga pilar pemersatu bangsa yaitu ideology Pancasila, NKRI Harga mati dan Bhineka tunggal ika.

“Setiap tanggal 1 juni kita diingatkan kembali tentang falsafah dasar bangasa dasar Indonesia,” ucapnya.

Kepada generasi milenial, Supriyono berpesan untuk terus mengisi perjuangan para pendahulu bangsa dengan melalui kreatifitas dan inovasi bisa memberikan sumbangsih yang terbaik untuk kemajuan bangsa dan negera dan terutama untuk kesejahteraan masyarakat.

Supriyono berharap antar pemerintah daerah dengan pemerintah desa juga dengan unsur organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan dan semua dunia pndidikan baik negeri atau pun swasta dapat bersama-sama membangun bangsa melalui segenap aspek untuk menjadi negara yang kokoh.

Foto Camat Perak bersama para pengurus dan guru YPBU Gadingmangu. (Foto: Humas YPBU Gadingmangu)Camat Perak bersama para pengurus dan guru YPBU Gadingmangu. (Foto: Humas YPBU Gadingmangu)

“sesuai dengan makna Pancasila kita bersama-sama gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global,” ungkapnya.

Camat perak mengajak aktualisasi nilai nilai Pancasila dalam semua aspek kehidupan tidak hanya hal yang besar melibatkan masyarkat luas tetapi juga dari hal terkecil dari dalam diri kita sehari-hari.

“Kita harapkan nilai-nilai Pancasila menjadi suatu energy bagi kita bersama, untuk menjadi momentum yang memberikan spirit bagi kita untuk melaksanakan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat,” tegasnya.

Upacara juga dihadiri beberapa tokoh dan pengurus Pondok Pesantren (Ponpes) Gadingmangu, Ketua DPD LDII Kabupaten Jombang, Drs. Widodo, M.Pd, M.Si., beberapa pengurus Yayasan Pendidikan Budi Utomo Gadingmangu, Kepala Sekolah SMP, SMA, dan SMK Budi Utomo Gadingmangu.

Drs.Widodo berpesan kepada para santri yang telah mengikuti kegiatan Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tertanam jiwa Pancasila di era globalisasi dan mengamalkan Pancasila secara penuh dan konsekuen.(*)

Tombol Google News

Tags:

Hari Lahir Pancasila YPBU Gadingmangu perak Jombang