FPTI Jatim Gelar Kejurprov Piala Rektor Unesa, Diikuti 238 Atlet Panjat Tebing

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Arief

22 Juni 2023 04:24 22 Jun 2023 04:24

Thumbnail FPTI Jatim Gelar Kejurprov Piala Rektor Unesa, Diikuti 238 Atlet Panjat Tebing Watermark Ketik
Atlet panjat tebing dari kelas bolder mengikuti Kejurprov Panjat Tebing Piala Rektor Unesa 2023, Kamis (22/6/2023). (Foto : M.Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Sebanyak 238 atlet dari 26 pengurus kabupaten dan kota mengikuti kejuaraan provinsi (Kejurprov) Panjat Tebing Piala Rektor Universitas Negeri Surabaya, di wall climbing KONI Jatim, 22-25 Juni 2023.

Kejurprov ini memiliki dua sasaran sekaligus. Pertama dijadikan seleksi menuju Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Jambi pada 21-27 Juli 2023 dan Pekan Olahraga Pelajar Tingkat Nasional (Popnas).

"Melalui Kejurprov ini kita bisa melihat bibit atlet panjang tebing kelompok umur yang dimiliki Jawa Timur sebagai investasi. Di mana cabang olahraga ini sejak tahun 2011 hingga saat ini memperoleh juara umum," ucap Ketua KONI Jawa Timur M. Nabil, selesai pembukaan.

Ia menilai rekrutmen atlet panjat tebing Jawa Timur cukup bagus dengan event yang dilakukan pengurus panjat tebing Jatim. "Seleksi yang dilakukan cukup bagus, sehingga Jawa Timur memiliki atlet yang bagus," bebernya.

Nabil berharap melalui kegiatan ini bisa memunculkan atlet panjat tebing terbaik untuk Jawa Timur. "Prestasi terbaik melalui sebuah pembinaan yang tepat telah dilakukan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jawa Timur," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum FPTI Jatim Dhanu Iswara mengatakan nantinya hasil  Kejurprov ini akan dipilih juara 1 dari setiap nomor. Dalam kejurprov ini mempertandingkan nomor youth A hingga E.

"Ada 28 nomor yang dipertandingkan jadi kami melihat atlet mana yang lolos untuk berangkat ke Kejurnas kelompok umur di Jambi," ucapnya.

Potensi Panjat Tebing Jawa Timur sendiri cukup besar di Kejurnas kelompok umur. Namun, Dhanu tidak ingin gegabah dan menganggap remeh atlet dari daerah lain.

"Beberapa atlet dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali hingga Kalimatan Timur memiliki potensi atlet yang bagus, jadi melalui Kejurprov ini kami mencari atlet terbaik dari semua nomor yang dipertandingkan," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Panjat Tebing FPTI Jatim Kejurprov Jawa timur Kejurnas Jambi