FORDA Pertama di Jatim Diikuti 2.200 Peserta

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

13 Mei 2023 10:34 13 Mei 2023 10:34

Thumbnail FORDA Pertama di Jatim Diikuti 2.200 Peserta Watermark Ketik
Khofifah berfoto bersama para atlet Jawa Timur. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, SURABAYA – Festival Olahraga Masyarakat Daerah (FORDA) pertama di Jawa Timur akan digelar mulai 27-30 Mei 2023 di Kota Malang. Acara tersebut diselenggarakan oleh Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Jawa Timur bersama KORMI Kota Malang sebagai panitia pelaksana. 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa rencananya akan membuka gelaran tersebut pada 27 Mei 2023 di Graha Cakrawala UM, Kota Malang. 

"Alhamdulillah ini adalah FORDA pertama di Jawa Timur. Festival ini akan menjadi ajang untuk memperkenalkan jenis-jenis olahraga yang berbasis budaya di masyarakat," kata Gubernur Khofifah, Sabtu (13/5/2023).

Menurutnya, pesan utama FORDA adalah bagian dari cara mengenali keberagaman, kearifan lokal, dan semua kekayaan budaya. Termasuk jenis-jenis olahraga berbasis kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang di masing-masing daerah. 

"Kita berharap dengan diadakannya FORDA akan bisa memberikan dampak positif ke masyarakat. Sehingga olahraga yang berawal dari tradisi ini akan bisa menjadi prestasi. Demikian pula dengan olahraga modern juga bisa makin digemari di masyarakat," harap Gubernur Khofifah.

FORDA di Kota Malang nanti akan diikuti total 20 kabupaten/kota yang telah terbentuk KORMI di Jawa Timur. Adapun jumlah Cabang Organisasi Olahraga Masyarakat (COOM) yang akan terlibat sebanyak 31 yang terbagi menjadi 108 jenis olahraga yang dipertandingkan di 17 venue lokasi pertandingan. 

Untuk jumlah peserta tercatat sekitar 2.200 penggiat olahraga masyarakat yang akan bertanding di Kota Malang. Pertandingan FORDA dibagi menjadi tiga komisi. Pertama Komisi Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya (OTKB). Yang mempertandingkan jenis olahraga, mulai layang-layang, panah tradisional, sepeda tua, hingga olahraga tradisional seperti hadang atau gobak sodor, balap trompah panjang, dan balap egrang. 

Sementara itu, Ketua KORMI Jawa Timur, Hudiyono mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Khofifah yang memberikan izin serta dukungan digelarnya FORDA di Kota Malang.

"Alhamdulillah FORDA pertama akan dilaksanakan setelah sempat tertunda karena pandemi. Semoga dengan adanya FORDA ini olahraga masyarakat di Jawa Timur bisa semakin digemari," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

FORDA Olahraga Pemprov Jatim Khofifah atlet budaya permainan Tradisional