Final Kami Datang! Indonesia Menang 1-0 Atas Malaysia di Semifinal Piala AFF U-19

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

27 Juli 2024 16:10 27 Jul 2024 16:10

Thumbnail Final Kami Datang! Indonesia Menang 1-0 Atas Malaysia di Semifinal Piala AFF U-19 Watermark Ketik
Gol Muhammad Alfharezzi Buffon membawa Indonesia masuk Final Piala AFF U-19 2024, Sabtu (27/7/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Timnas Indonesia memastikan diri melaju ke final Piala AFF U-19 Sabtu malam (27/7/2024). Itu usai pasukan Garuda Muda mengalahkan Malaysia 1-0 di Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. Gol Indonesia dicetak melalui kaki Muhammad Alfharezzi Buffon pada menit ke-78.

Sejak menit awal, Malaysia dan Indonesia saling jual beli serangan. Namun, Indonesia bermain lebih agresif dari Malaysia. Peluang Indonesia mulai tercipta di menit ke-3 melalui lemparan ke dalam Muhamamd Mufli Hidayat yang langsung disundul Arkhan Kaka, tetapi si kulit bundar melebar tipis dan cuma mengenai jaring luar gawang. 

Menit keenam, giliran Malaysia menciptakan peluang. Kiper Ikram Algiffari sukses meninju bola, tetapi si kulit bulat jatuh di kaki pemain Malaysia lainnya yang berdiri di luar kotak penalti. Beruntung bagi Indonesia, bola masih bisa diblok Dony Tri Pamungkas.

Malaysia yang bermain lebih disiplin beberapa kali mengancam pertahanan Garuda Muda. Namun, mereka juga belum berhasil menjebol gawang Indonesia.

Sebaliknya, Indonesia tampak kesulitan masuk ke lini pertahanan Malaysia. Tim asuhan Indra Sjafri itu punya peluang lewat open play pada menit ke-30 melalui kerja sama tim dan merangsek ke kotak penalti lawan, tetapi bola berhasil dibuang pemain Malaysia.

Hingga babak pertama usai Indonesia belum berhasil membobol gawang Malaysia yang membuat skor 0-0. Pada babak kedua Indonesia bermain lebih terbuka dan melakukan variasi serangan.

Beberapa peluang tercipta pada menit ke-63 lewat tendangan Dony di depan gawang Malaysia. Namun, tembakannya juga bisa diblok dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Foto Permainan disiplin Malaysia membuat Indonesia kesulitan, Sabtu (27/7/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)Permainan disiplin Malaysia membuat Indonesia kesulitan, Sabtu (27/7/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

Upaya Indonesia mencetak gol belum berhasil karena tembakan pemain-pemain Indonesia terlalu lemah dan dengan mudah ditangkap kiper Malaysia, Muhammad Haziq.

Indonesia yang terus menyerang menghasilkan peluang lagi lewat Welber Jardim pada menit ke-74. Namun, tendangannya masih melambung di atas mistar. 

Masuknya Tony Firmansyah merubah permainan Indonesia yang membuat pertahanan Malaysia sempat kelimpungan. Hasilnya pada menit ke-74 Tony Firmansyah nyaris mencetak gol andai tembakannya tidak terlalu tinggi.

Yang dinanti-nanti Indonesia akhirnya tiba pada menit ke-78. Iqbal menyambar bola liar di dalam kotak penalti, tetapi tendangannya membentur pemain Malaysia.

Bola itu kemudian memantul ke Muhammad Alfharezzi Buffon. Tendangannya memanng sempat menerpa tiang dan mengenai kiper Malaysia namun akhirnya masuk ke gawang.

GBT seketika bergemuruh. Gol ini membuat Indonesia unggul 1-0 atas Malaysia.

Unggul 1 gol, Indonesia beberapa kali melakukan serangan, namun gagal. Malaysia yang kalah terus mengurung pertahanan Indonesia. Namun, serangan-serangan tersebut masih berhasil digagalkan para pemain belakang Garuda Muda.

Hingga babak kedua usai kedudukan 1-0 ini bertahan, yang membuat Indonesia memastikan diri lolos ke Final. Indonesia dipastikan melawan Thailand yang berhasil mengalahkan Australia.

Final akan digelar pada Senin di GBT. Kick off partai puncak itu digelar pukul 19.30 WIB. (*)

Tombol Google News

Tags:

Timnas Day Indonesia vs Malaysia Piala AFF U-19 2024 Sepak bola Surabaya Indonesia Garuda Muda