Fasilitasi KPU dan PPK, Plt Bupati Sidoarjo H Subandi Ajak Terus Koordinasi dan Komunikasi

Editor: Fathur Roziq

17 Mei 2024 01:10 17 Mei 2024 01:10

Thumbnail Fasilitasi KPU dan PPK, Plt Bupati Sidoarjo H Subandi Ajak Terus Koordinasi dan Komunikasi Watermark Ketik
Plt Bupati Sidoarjo H Subandi SH MKn (kiri) bersama Ketua KPU Sidoarjo M. Iskak mengucapkan selamat kepada anggota PPK terpilih pada Kamis malam (16/5/2024) di Hotel Luminor Sidoarjo. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Wajah-wajah semringah mewarnai pelantikan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Mereka telah melewati serangkaian proses sebelum terpilih menjadi penyelenggara pemilu. Ingat! Tugas berat menunggu.

Pelantikan PPK itu berlangsung di Luminor Hotel Sidoarjo pada Kamis malam (16/5/2024). Total ada 90 anggota PPK hadir. Mereka akan bertugas di 18 kecamatan. Masing-masing kecamatan memiliki seorang ketua PPK merangkap anggota dan 4 orang anggota PPK.

Ketua KPU Sidoarjo M. Iskak menyatakan sangat berterima kasih. Pemkab Sidoarjo telah memfasilitasi penuh proses rekrutmen PPK. Mulai tes kesehatan hingga ujian computer assisted test (CAT). Semua difasilitasi penuh oleh Pemkab Sidoarjo. Bahkan, mungkin tes kesehatan PPK Sidoarjo satu-satunya yang digratiskan.

”Kami sangat berterima kasih atas layanan Pemkab Sidoarjo,” ungkap Iskak.

Iskak mengucapkan selamat kepada seluruh anggota PPK yang telah dilantik. Sekaligus mengingatkan bahwa tugas berat telah menanti. Misalnya, seorang anggota PPK tidak cukup hanya bersikap netral. Mereka harus tampak netral. Tidak boleh terkesan berpihak.

”Integritas dan keadilan harus dijaga. Tidak boleh memihak salah satu calon,” ungkap Iskak.

Anggota KPU Jatim Habib M. Rohan menambahkan, tugas-tugas anggota PPK memang tidak ringan. Mereka harus bekerja penuh waktu. Rela meninggalkan keluarga. Siap melayani semua peserta pemilu maupun pemilih. Sebab, keduanya memang punya hak untuk dilayanai.  Satu lagi, semua penyelenggara pemilu wajib memiliki rasa imparsial.

Apa itu? Kesamaan sikap respons kepada semua peserta pemilu. Kedekatan yang sama dengan semua peserta pemilu. Kalau tidak dekat, bagaimana bisa melayani dengan baik. Habib juga menyatakan terima kasihnya kepada Pemkab Sidoarjo yang sangat membantu proses rekrutmen PPK. Fasilitasi dari pemkab itu sangat berarti bagi kelancaran pelaksanaan tugas penyelenggara pemilu.

Ucapan terima kasih dari KPU Sidoarjo dan KPU Jatim itu disambut baik oleh Plt Bupati Sidoarjo H Subandi SH MKn. H Subandi juga mengucapkan selamat kepada 90 anggota PPK terpilih. Semua anggota PPK telah melewati proses seleksi yang ketat. Mereka lulus.

H Subandi mengajak semua anggota PPK ini untuk terus berkoordinasi dan berkomunikasi. Agar tidak ada persoalan selama melaksanakan tugas. Jangan lengah. Sebab, keberhasilan pilkada ada di tangan penyelenggara pemilu. Dari kabupaten, kecamatan, hingga ke desa-desa. Hindari konflik.

Untuk pelaksanaan tugas PPK, lanjut H Subandi, Pemkab Sidoarjo siap selalu membantu memfasilitasi. Misalnya, kebutuhan kantor di kecamatan. H Subandi berjanji segera memerintahkan jajarnannya agar menyiapkan kantor untuk PPK di setiap kecamatan.

”Semua sudah kita siapkan. Agar penyelenggara pilkada bisa melaksanakan tugasnya dengan sukses. Demi memilih pemimpin daerah mendatang,” ungkap H Subandi. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bupati Sidoarjo H Subandi Pemkab Sidoarjo KPU Sidoarjo Pilkada 2024 KPU Jatim M. Iskak