EJSC Malang Nge-Boost Kreativitas Content Creator Pemula Bareng Azuma Mariela

Jurnalis: Adela Oki Nur Aini
Editor: M. Rifat

20 September 2023 13:14 20 Sep 2023 13:14

Thumbnail EJSC Malang Nge-Boost Kreativitas Content Creator Pemula Bareng Azuma Mariela Watermark Ketik
Sesi Foto bersama setelah usai agenda mini class bersama Azuma Mariela (19/9/2023). (Foto: Adela Oki/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – EJSC Malang, Co Working space untuk komunitas khususnya Start Up, kembali membuat gebrakan acara untuk mensupport skill content creator pemula. Itu lewat mini class bertajuk "Suara Berkarakter buat Content Creator" yang digelar Selasa (19/9/2023) di EJSC Malang Bakorwil menghadirkan Azuma Mariela, profesional di dunia Voice Over sekaligus content creator.

Azuma Mariela, yang sudah lama malang melintang di dunia Voice Over dengan pengalaman di berbagai project, berbagi ilmu di acara ini. Dia bercerita pentingnya punya suara yang unik untuk membuat konten makin oke. "Suara bisa bikin info makin jelas dan jadi ciri khas kita," kata Azuma.

Menurut Azuma, resep sukses untuk bisa menjadi content creator yang sukses di tengah gempuran konten yang hadir setiap hari adalah perlu untuk punya sesuatu yang beda. Yakni penambahan voice over atau backsound penjelasan suara yang dibarengi dengan video konten yang dibuat.

"Kenapa ini penting? karena teknik voice over bisa memperjelas informasi terus bisa jadi brand identity kita dan kita bisa nemuin karakter kita," terangnya.

Foto Penuh antusias, belajar jadi voice over content creatorSuasana penuh antusias belajar jadi voice over content creator di EJSC Malang (19/9/2023). (Foto: Adela Oki/Ketik.co.id)

Untuk membuat konten yang disertai voice over, Azuma menekankan tidak harus punya suara yang teramat bagus tapi perlu punya suara yang punya ciri khas sehingga tanpa tau wajah, orang bisa kenal hanya lewat suara.

"Suara yang khas bisa meningkatkan kepercayaan diri, jadi tidak harus punya suara bagus tapi mari ciptakan suara yg berkarakter supaya lebih diingat orang lain," paparnya.

"Jangan takut eksplorasi karakter suara kalian, setiap orang punya potensi beda!," tambahnya.

Selain penjelasan mini class, peserta juga diberi challenge untuk membuat konten dan tanya jawab interaktif berhadiah dari sponsor Awsome dan Arkavit.

Foto Tanya jawab dan challenge berhadiah khusus untuk peserta paling interaktifTanya jawab dan challenge berhadiah khusus untuk peserta paling interaktif. (Foto: Adela Oki/Ketik.co.id)

Andhi Prasetyo, Advisor EJSC Malang mengungkapkan pihaknya rutin menggelar workshop mini untuk membantu mempertajam skill kawula muda.

"Harapannya, kita punya stok SDM di bidang konten kreator siapa tau nanti ada client ke EJSC butuh talent nanti bisa kita usulkan.
EJSC Malang juga nge-dukung banget dengan nyediain tempat dan fasilitas buat content creator yang pengen kembangin kemampuan," paparnya.

Sebagai informasi tambahan, EJSC adalah singkatan dari East Java Super Corridor yang merupakan program dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Hadirnya program EJSC ini untuk mendekatkan layanan Pemerintah Provinsi Jawa Timur ke masyarakat. EJSC menawarkan beberapa fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh Industri Kecil dan Menengah (IKM), perusahaan rintisan (Start Up), dan dukungan terhadap lulusan S-1, D-3, dan SMA/SMK.

Andy menerangkan kalau EJSC bisa gratis digunakan, dan bisa dimanfaatkan sebagai lokasi bekerja untuk freelancer atau pelaku start up.

"EJSC ini bisa digunakan gratis, karena memang ini diinisiasi pemerintah Provinsi Jawa Timur dan ada di setiap kantor Bakorwil," tutup Andhi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Content creator voice over EJSC EJSC Malang Andhi Prasetyo Azuma Mariela Bakorwil Bakorwil Malang