Dukung UMKM Kota Malang, Smartfren Akrabkan dengan Digital Marketing dan Branding Produk

Jurnalis: Adela Oki Nur Aini
Editor: Marno

27 Juni 2023 15:54 27 Jun 2023 15:54

Thumbnail Dukung UMKM Kota Malang, Smartfren Akrabkan  dengan Digital Marketing dan Branding Produk Watermark Ketik
Smartfren Community Malang rangkul UMKM Kota Malang dalam workshop Digital Marketing dan Branding Produk.

KETIK, MALANG – Smartfren Community Malang menggelar acara yang bertajuk Lebih Akrab dengan Digital Marketing dan Branding Produk, Senin (26/6/2023). Kegiatan ini untuk memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM di Kota Malang agar lebih memahami digital marketing dan branding. 

Acara yang digelar di Ruang Bioskop 1 Malang Creative Center (MCC) itu mengundang dua pemateri andal yakni Faizal Alfa, praktisi digital marketing dan direktur PT Fortuna iMarks Trans, serta Ir Asih Siswanti, kasi Pengembangan dan Penguatan Usaha Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang.

Dalam era digital saat ini, digital marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling efektif, termasuk untuk UMKM. Oleh karena itu, Smartfren Community Malang, yang dipimpin oleh Yuni Lasari, berharap para pelaku UMKM di Kota Malang dapat memahami mengenai digital marketing dan branding. Hal ini  untuk mendukung usaha mereka. Tujuan dari kegiatan ini untuk memperkuat jaringan bisnis antar UMKM serta mengurangi kesenjangan gender.

“Kegiatan ini juga dapat mempererat dan menambah jejaring bisnis dari para pelaku UMKM di Kota Malang. Selain, untuk mendekatkan kecanggihan teknologi kepada para pelaku UMKM di Malang Raya agar tidak terjadi gap atau perbedaan yang jauh dengan gender lainnya," ujarnya.

Ir Asih Siswanti dari Diskopindag Kota Malang menyampaikan bahwa bisnis dalam era digital tidak boleh diabaikan oleh para pelaku usaha, termasuk UMKM.

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan dalam bersaing di era digital, seperti memanfaatkan teknologi, menggunakan digital marketing, memberikan pelayanan terbaik, dan berinovasi. Diskopindag Kota Malang telah meluncurkan program Inkubasi Bisnis. Ada juga klinik usaha mikro, kegiatan bimtek dan pengadaan barang dan jasa, serta berkaitan dengan sosialisasi aplikasi dan ekatalog.

“Kami memiliki program pendampingan yang dilaksanakan secara intens selama 11 bulan, dengan jumlah peserta 102 orang dan tenaga ahli pendamping 17 orang. Pendampingan tersebut meliputi digital marketing, pengelolaan keuangan usaha, pembuatan packaging, strategi branding, legalitas dan pemasaran," ujarnya.

Pemateri kedua, Faizal Alfa, praktisi digital marketing dan direktur PT Fortuna iMarks Trans, memberikan tips dan trik kepada peserta mengenai cara efektif memanfaatkan digital marketing dalam memasarkan produk.

Mulai dari pemilihan nama produk atau brand yang tepat, penggunaan keyword yang efisien dalam penjualan, hingga strategi untuk memperkenalkan produk atau brand UMKM kepada masyarakat.

Acara Teman UMKM ini dihadiri oleh pelaku UMKM dari berbagai sektor bisnis dan organisasi, termasuk Paku Jatim, HIPMI Regional Malang, perguruan tinggi, dan komunitas di Kota Malang. Hadir jajaran Smartfren Regional Malang yang ikut mendukung kegiatan ini.

Foto Teman UMKM hadir dekat untuk mendukung pelaku UMKM Kota MalangTeman UMKM hadir dekat untuk mendukung pelaku UMKM Kota Malang

Kehadiran Smartfren Regional Malang menunjukkan komitmen untuk mendukung pertumbuhan dan kesuksesan UMKM dalam menghadapi tantangan digital era modern. Melalui acara ini, Teman UMKM telah membuka pintu menuju masa depan yang penuh harapan bagi para pelaku UMKM di Kota Malang. 

Dengan dukungan yang berkelanjutan dan semangat kolaborasi yang tinggi, UMKM akan terus tumbuh dan berkembang di era digital yang penuh peluang. Smartfren Community Malang tetap berkomitmen untuk menjadi mitra setia dan memberikan dukungan terbaik bagi para pelaku UMKM dalam perjalanan mereka menuju kesuksesan digital. (*)

Tombol Google News

Tags:

Smartfren Community Malang UMKM digital marketing Branding Kota Malang Paham Digital Marketing smartfren