Dramatis! Anwar Ibrahim Akhirnya Ditunjuk Jadi PM ke-10 Malaysia

Editor: Irwansyah

24 November 2022 06:46 24 Nov 2022 06:46

Thumbnail Dramatis! Anwar Ibrahim Akhirnya Ditunjuk Jadi PM ke-10 Malaysia Watermark Ketik
Pemimpin koalisi Pakatan Harapan, Datuk Seri Anwar Ibrahim yang ditunjuk sebagai PM Malaysia. (Foto: Bernama)

KETIK, JAKARTA – Raja Malaysia menunjuk Pemimpin koalisi Pakatan Harapan, Datuk Seri Anwar Ibrahim, menjadi Perdana Menteri (PM) Malaysia yang baru. Proses pemilihan ini terbilang alot, sebab tidak ada satupun pemenang mutlak dalam Pemilu Malaysia 19 November 2022 lalu.

Penunjukan ini sekaligus mendapuk Anwar Ibrahim sebagai PM ke-10 Malaysia. Politikus senior Malaysia tersebut dikabarkan akan dilantik pada Kamis (24/11/2022) sore waktu setempat.

"Setelah mempertimbangkan pandangan Yang Mulia Penguasa Melayu (sultan-sultan Malaysia), Yang Mulia (Raja Abdullah) telah memberikan persetujuan untuk menunjuk Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri Malaysia ke-10," kata pernyataan Istana Negara seperti dikutip AFP.

Menduduki kursi PM Malaysia, Anwar Ibrahim menjalani proses panjang yang cukup dramatis. Kebuntuan politik mencuat sebab hasil pemilu tidak memberikan suara mayoritas mutlak kepada salah satu partai atau koalisi politik sehingga berujung parlemen gantung.

Koalisi Pakatan Harapan yang dipimpin Anwar mengantongi 82 kursi parlemen. Sedangkan rival terberatnya, Muhyiddin Yassin pimpinan koalisi Perikatan Nasional meraup 73 kursi parlemen.

Kedua koalisi tersebut berada di posisi teratas. Untuk bisa membentuk pemerintahan baru dan selanjutnya menunjuk PM Malaysia, mereka harus membentuk aliansi dengan partai atau koalisi lainnya untuk bisa mencapai ambang batas 112 kursi dari total 222 kursi parlemen.

Anwar Ibrahim merupakan tokoh politisi senior Malaysia yang telah berperan dalam menjaga hak dan kepentingan orang Melayu dan umat Islam ketika terjadinya Peristiwa 13 Mei 1969 di Malaysia.

Anwar bekerjasama dengan Mahathir Mohammad yang 21 tahun lebih tua darinya, menentang Perdana Menteri Tunku Abdul Rahman. Pada tahun 1971 Anwar menerima Ijazah Sarjana Muda di bidang Sastra dari Universiti Malaya. (*)

Tombol Google News

Tags:

PM Malaysia Anwar Ibarahim