Dosen Unusa Edukasi Masyarakat untuk Deteksi Dini Kesehatan Ginjal Melalui Urine

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Mustopa

1 Oktober 2023 06:45 1 Okt 2023 06:45

Thumbnail Dosen Unusa Edukasi Masyarakat untuk Deteksi Dini Kesehatan Ginjal Melalui Urine Watermark Ketik
Andreas Putro Ragil Santoso sedang menjelaskan masalah kesehatan ginjal bisa dideteksi melalui urine, Minggu (1/10/2023). (Foto : M.Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Deteksi dini penyakit ginjal bisa melalui pemeriksaan urine. Hal ini menjadi salah satu fokus tiga dosen Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) melakukan pengabdian masyarakat.

Tiga dosen antara lain Andreas Putro Ragil Santoso, dr Ardyarini Dyah Savitri, dan S. P. Edijanto. Ketiganya mengedukasi masyarakat Desa Simoangin-angin, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo untuk melakukan deteksi dini penyakit ginjal.

"Melalui urine kita bisa mengetahi apa ginjal kita baik atau tidak karena ginjal penyaringan sisa metabolisme, sehingga seharusnya yang tidak keluar oleh ginjal karena dimanfaatkan tubuh kembali," ucap salah satu dosen Andreas Putro Ragil Santoso, Minggu (1/10/2023).

Andreas mengatakan, deteksi dini ini dilakukan agar bisa mengetahui kondisi ginjal. "Karena tidak bisa diteksi seperti jika buat air kecil terasa sakit," terangnya.

Beberapa penyakit melalui ginjal seperti infeksi saluran kemih, diabetes dan beberapa penyakit lainnya. "Jadi deteksi ini untuk mengantisipasi agar tidak terjadi masalah pada ginjal," terangnya.

Andreas berharap melalui edukasi ini masyarakat Desa Simoangin-angin bisa mengetahui kesehatan mereka melalui urine. "Sehingga kondisi ini maayarakat desa akan semakin sehat," ucapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pengmas Unusa Deteksi kesehatan Ginjal melalui urine ginjal