Chia Seeds, si Kecil yang Memiliki Manfaat Besar

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

7 Januari 2023 06:26 7 Jan 2023 06:26

Thumbnail Chia Seeds, si Kecil yang Memiliki Manfaat Besar Watermark Ketik
Chia Seeds (Foto: Pixabay)

KETIK, SURABAYA – Nama chia seeds mungkin masih asing bagi beberapa orang. Chia seeds merupakan biji-bijian yang didapat dari tanaman berbunga dengan nama latin Salvia hispanica L. Tanaman chia seeds sendiri berasal dari dataran Amerika dan dipercaya sudah dimanfaatkan sejak peradaban suku Maya dan Aztec.

Walaupun memiliki bentuk yang kecil namun biji bijian ini ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Dilansir dari situs healthline, dalam chia seeds terdapat kandungan serat, protein, lemak asam omega-3, vitamin B1 dan B3, serta banyak mineral lain seperti zat besi, kalsium, fosfor, zinc, dan magnesium. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari chia seeds

1. Menangkal radikal bebas

Chia seed mengandung banyak antioksidan. Antioksidan sendiri adalah menangkal radikal bebas. Kandungan antioksidannya antara lain asam klorogenat, asam caffeic, myricetin, quercetin, dan kaempferol.

2. Membantu penurunan berat badan

Protein dan serat dalam chia seeds akan sangat membantu kamu dalam program penurunan berat badan. Apalagi protein yang terkandung pada chia seeds mampu menekan nafsu makanmu sehingga hasil untuk program diet kamu akan tampak lebih nyata.

Akan tetapi jangan lupa untuk diimbangi dengan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi lainnya.

3. Meminimalisir resiko penyakit jantung

Serat pada chia seeds yang cepat larut dipercaya mampu menurunkan tekanan darah sehingga bisa meminimalisir risiko terkena penyakit jantung. Selain itu kandungan omega 3 nya berfungsi untuk menyehatkan jantung.

4. Menyehatkan Tulang

Kandungan mineral seperti zat besi, kalsium, fosfor, zinc, dan magnesiumpada chia seeds berguna untuk menyehatkan tulang. Sehingga dengan tulang yang sehat dirimu dapat bergerak aktif.

5. Mengurangi gula darah

Gula darah yang tinggi sangat berbahaya karena dapat memicu penyakit diabetes. Oleh sebab itu cobalah mengkonsumsi chia seeds untuk menurunkan kadar gula darah anda. Dalam sebuah studi ditemukan bahwa orang dewasa sehat yang makan roti dengan chia seeds mengalami penurunan kadar gula darah ketimbang yang tidak.

Tombol Google News

Tags:

Chia seeds biji bijian Tanaman Natural