Cara Menurunkan Kadar Lemak Dengan Mengatur Pola Tidur

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

28 September 2023 11:35 28 Sep 2023 11:35

Thumbnail Cara Menurunkan Kadar Lemak Dengan Mengatur Pola Tidur Watermark Ketik
Tidur nyenyak dapat menurunkan berat badan. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Saat berpikir untuk menurunkan berat badan, hal pertama yang terlintas adalah mengatur pola makan seimbang. Hal ini tidaklah salah, namun terkadang yang sering dilupakan adalah mengatur pola tidur. Pola tidur yang baik ternyata memiliki pengaruh dalam mengurangi kandungan lemak tubuh.

Orang yang tidur sekitar 7-8 jam per malam kehilangan lemak dua kali lebih banyak dibandingkan mereka yang tidur kurang dari 7-8 jam. hal ini tentu sangat pendukung keberhasilan program dietmu. Berikut ini kami ulas cara mengatur waktu tidur yang baik untuk mendukung program dietmu.

1. Mengatur Pencahayaan 

Sebelum tidur ada baiknya kamu mengatur pencahayaanmu menjadi segelap mungkin. Tidur dalam kondisi ruangan yang gelap akan membuat tubuh memproduksi hormon melantonin, hormon ini membantu mengatur dan memberi sinyal, kapan waktu untuk tidur dan waktu untuk terjaga.

2. Berhenti Makan Setelah Pukul 7 Malam

Agar dapat tidur dengan nyenyak, usahakan makan malam lebih awal. Hindari mengkonsumsi makanan diatas jam 7 malam. Seperti yang kita tahu jika makanan memerlukan waktu untuk dicerna oleh tubuh. Sehingga saat masih dalam proses mencerna mustahil kamu bisa tidur dengan nyenyak. Oleh sebab itu berikan jeda waktu selama 3 jam sebelum beranjak ke tempat tidur.

3. Memberikan Waktu Bagi Diri Sendiri 

Memberikan waktu untuk diri sendiri dapat menghilangkan stres. Stres ini mempengaruhi rasa lapar yang muncul pada malam hari. Semakin tenang dan rileks di malam hari hingga menjelang tidur, semakin kecil kemungkinan kamu untuk menikmati cemilan yang tidak sehat.

4. Minum Susu Hangat

Mengkonsumsi segelas susu hangat pada malam hari dapat membantumu tidur dengan nyenyak. Kandungan protein kasein dalam susu dapat membantu meningkatkan metabolisme kamu mencapai tingkat pembakaran kalori yang lebih tinggi bahkan saat tidur.(*)

Tombol Google News

Tags:

Tidur diet kadar lemak berat badan kesehatan