Cara Memasak Daging Rendang agar Cepat Empuk dan Menyerap Bumbu

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

9 April 2024 11:15 9 Apr 2024 11:15

Thumbnail Cara Memasak Daging Rendang agar Cepat Empuk dan Menyerap Bumbu Watermark Ketik
Rendang, masakan khas Padang yang kerap disajikan di hari raya Idul Fitri. (Foto: instagram.com/done.to.eat)

KETIK, JAKARTA – Menyambut hari raya Idul Fitri rasanya tak lengkap jika tak ada rendang di meja makan. Masakan khas Padang ini merupakan salah satu menu otentik yang selalu hadir saat perayaan hari lebaran bersama dengan opor ayam, sambal kentang, dan juga ketupat.

Rendang terkenal sebagai salah satu masakan terenak di dunia. Rendang memiliki cita rasa yang pedas, gurih dan sedikit manis. Dalam pembuatannya rendang bisa dibilang sebagai masakan yang pengolahannya cukup sulit.

Hal ini lantaran daging sapi harus dimasak hingga berjam-jam hingga empuk dan bumbu meresap. Bagi anda yang cukup kesulitan dalam mengolah rendang berikut ini adalah cara untuk daging rendang hingga empuk. Simak ulasannya.

1. Jangan mencuci daging rendang.

Saat anda akan mengolah daging untuk dijadikan rendang, jangan pernah mencucinya terlebih dahulu. Sebaiknya langsung dipotong dan masukkan ke dalam wajan untuk direbus. 

Teknis merebus ini bisa membuat daging lebih empuk saat akan diolah. Tak perlu lama, Anda bisa merebus daging sapi tersebut hingga berwarna pucat, atau tak ada lagi kemerahan pada dagingnya.

2. Rebus daging berulang kali

Saat merebus daging gunakan metode 5-30-7. Maksud dari metode ini adalah pertama merebus daging selama 5 menit, pastikan hanya merebus daging tersebut selama 5 menit. Setelah itu diamkan daging selama 30 menit. Cukup matikan api dan jangan membuka tutup panci agar uap panasnya tidak keluar. 

Setelah 30 menit, rebus kembali daging kembali selama 7 menit, sama seperti cara di atas, pastikan tutup panci tidak dibuka dan biarkan uap membuat daging terasa lebih empuk.

3.Gunakan tutup panci tanpa lubang

Saat dalam proses perebusan gunakan panci yang memiliki tutup tanpa lubang. Hal ini bertujuan agar uap panas yang dihasilkan dari proses pemasakan tidak keluar, sehingga daging bisa lebih cepat empuk. Bila tutup panci yang dipakai itu berlubang, coba untuk menutupnya dengan tissu yang digulung kecil.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kuliner rendang memasak daging empuk Bumbu perebusan