Caleg PKB Sidoarjo Cak Anam Come Back, Yakin Raup Minimal 12 Ribu Suara di Pileg 2024

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: Muhammad Faizin

3 Oktober 2023 15:00 3 Okt 2023 15:00

Thumbnail Caleg PKB Sidoarjo Cak Anam Come Back, Yakin Raup Minimal 12 Ribu Suara di Pileg 2024 Watermark Ketik
Choirul Anam (Cak Anam) paling kanan saat ikut mendaftar sebagai bakal calon anggota legislatif ke KPU Sidoarjo bersama Ketua DPC PKB Sidoarjo Subandi (dua dari kiri) pada Mei 2023 lalu. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – PKB Sidoarjo resmi mengembalikan nama Choirul Anam (Cak Anam) ke daftar calon anggota legislatif (caleg) DPRD Sidoarjo ke KPU Sidoarjo. Cak Anam pun siap ”membayar” lunas dengan meraup suara sebanyak-banyaknya pada Pemilu Legislatif 2024 mendatang. Minimal 12 ribu suara.

”Data A1 di saya, insya Allah suara saya paling tidak bisa mencapai 12.600,” kata Cak Anam kepada Ketik.co.id pada Selasa malam (3/10/2023).

Mantan legislator PKB era 1999-2004 itu menambahkan, dirinya berharap posisi suaranya dalam Pileg 2024 masuk kategori grade 1, yaitu sekitar 12 sampai 15 ribu suara. Kalau hanya cari aman dan asal jadi, menurut dia, bisa saja suaranya cukup 10 ribu sampai 11 ribu.

”Yang pasti kalau hanya 9 ribu, saya merasa tidak aman,” tambahnya.

Nama Cak Anam pernah hilang dari daftar caleg sementara (DCS) PKB. Dia digantikan oleh caleg lain sesuai kuota perempuan dan urutan komposisi caleg perempuan. Namun, Cak Anam terus berjuang sampai ke DPP PKB hingga namanya kembali ke daftar caleg PKB.

Cak Anam memastikan dirinya sungguh-sungguh siap comeback ke panggung kontestasi politik Pileg 2024. Dia menyatakan sangat yakin mampu bersaing merebut satu kursi, bahkan menyumbangkan suara signifikan buat PKB Sidoarjo.

Dia mengaku telah siap pendanaan. Tim survei juga sudah bergerak. Termasuk, strategi pemenangan benar-benar dimatangkan. Dapil Sidoarjo 2 (Candi, Tanggulangin, Porong, dan Jabon) bukan medan baru bagi Cak Anam. Loyalisnya diklaim masih sangat besar.

"Kalau logistik (dana, red) bisa tambah lagi, saya yakin dalam 1 bulan ini data A1 saya sudah bisa mencapai 15 ribu (suara),” ujarnya yakin.

Cak Anam dipastikan kembali (comeback) ke percaturan politik Sidoarjo setelah namanya masuk lagi dalam daftar caleg yang dikirim DPC PKB Sidoarjo ke KPU Sidoarjo. Ketua KPU Sidoarjo M. Iskak menyatakan benar bahwa nama Choirul Anam telah masuk sebagai caleg PKB.

Nama Cak Anam masuk bersama nama Atok Ashari. Atok adalah anggota DPRD Sidoarjo dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sidoarjo. Dia memilih pindah partai ke PKB. Namanya tercantum sebagai caleg PKB di Dapil Sidoarjo 3 (Tulangan, Krembung, Wonoayu, Prambon). Di Dapil 3 tersebut, Atok Ashari sukses meraih 10.002 suara pada Pileg 2019 lalu.

Sekretaris DPC PKB Sidoarjo Abdillah Nasih mengatakan partainya memang telah mengajukan perubahan caleg ke KPU Sidoarjo. Masing-masing caleg dari Dapil 2 dan Dapil 3.

”Di Dapil 3 Pak Atok (Atok Ashari) masuk. Menggantikan Moh. Amirul Mukminin (nomor urut 7 di DCS),” ucap Nasih saat Selasa malam (3/10/2023). Namun, nomor urut Atok Ashari naik ke nomor 5. Di Dapil 2, yang masuk adalah nama Choirul Anam. (*)

Tombol Google News

Tags:

DPRD Sidoarjo pileg 2024 KPU Sidoarjo Pilpres 2024 PKB Sidoarjo DCT Pileg 2024 pemilu2024 Pileg2024