Bupati Karna Suwandi Lepas 863 Jemaah Haji Situbondo ke Arab Saudi

Jurnalis: Adinda Octaviani
Editor: Mustopa

20 Mei 2024 07:23 20 Mei 2024 07:23

Thumbnail Bupati Karna Suwandi Lepas 863 Jemaah Haji Situbondo ke Arab Saudi Watermark Ketik
Bupati Situbondo saat menyalami CJH Termuda, Senin (20/05/2024) (Foto : Adinda Octaviani / ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Bupati Situbondo, Karna Suswandi melepas sebanyak 863 jemaah haji Kabupaten Situbondo tahun 2024. Pelepasan jemaah haji yang berlangsung di Pendopo Aryo Situbondo terlaksana dengan khidmat, Senin (20/5/2024).

Rincian jemaah haji tersebut, terdiri dari 417 jemaah laki-laki dan 446 jemaah perempuan serta 15 jemaah cadangan yang akan diberangkatkan pada Hari Jumat tanggal 24 Mei 2024.

Jemaah haji termuda tahun ini berusia 18 tahun atas mama Ihsanur Robik bin Moh Kamil Rubasin warga Desa Kumbangsari, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo. Sementara jemaah tertua berusia 92 tahun atas nama Mukminul bin Saddin warga Desa Seletreng, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Situbondo, Fandi mengatakan ada 863 jemaah haji Situbondo ini yang terbagi menjadi tiga kelompok terbang (kloter). Untuk kloter 53 dan 54 full jemaah haji dari Situbondo.

"Per kloter berisi 366 jemaah dan 5 petugas haji. Jadi, totalnya per kloter berjumlah 371,” tuturnya.

Sedangkan untuk kloter 55, lanjut Fandi, merupakan gabungan dengan jemaah haji asal Kabupaten Blitar dan Kabupaten Sidoarjo. Jemaah haji Situbondo akan diberanhkatkan pada 24 Mei 2024 mendatang.

Fandi memastikan seluruh jemaah haji Situbondo sudah melakukan tes kesehatan dan kebugaran. Untuk vaksin Covid-19, sudah tidak menjadi persyaratan, hanya vaksin meningitis yang wajib dilakukan, sedangkan untuk influenza dan polio dianjurkan.

“Keberangkatan dibagi menjadi 3 wilayah, yakni wilayah timur, tengah dan barat,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi dalam sambutannya, berpesan kepada jemaah haji agar menjaga nama baik kabupaten Situbondo, dengan menjadi tamu yang baik dan berakhlak di Arab Saudi.

"Untuk itu, sebelum berangkat kita harus bisa meluruskan niat bahwa betul-betul ingin melaksanakan ibadah haji. Jaga kesehatan agar kita bisa melaksanakan ibadah haji dengan baik," kata Bupati Situbondo Karna Suwandi. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bupati Situbondo Lepas CJH Ke Mekkah Arab Saudi Situbondo Hari Ini Situbondo Terkini Situbondo Berita