BHS Dorong Pemkot Surabaya Perhatikan Infrastruktur Pasar Krembangan

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Moana

9 Juni 2023 05:55 9 Jun 2023 05:55

Thumbnail BHS Dorong Pemkot Surabaya Perhatikan Infrastruktur Pasar Krembangan Watermark Ketik
Ketua Dewan Penasehat DPD Partai Gerindra Jatim Bambang Haryo Soekartono (BHS) bersama Ketua DPC Gerindra Surabaya, Cahyo Harjo Prakoso mengunjungi pedagang Pasar PPI, Jalan Jepara, Krembangan Surabaya, Kamis (8/6/2023).(Shinta Miranda Sari/KETIK)

KETIK, SURABAYA – Kondisi Pasar PPI Jalan Jepara Kecamatan Krembangan Surabaya mendapat perhatian khusus politisi Partai Gerindra. 

Ketua Dewan Penasehat DPD Partai Gerindra Jatim Bambang Haryo Soekartono (BHS) bersama Ketua DPC Gerindra Surabaya, Cahyo Harjo Prakoso mendorong pemerintah kota merumuskan pembangunan infrastruktur dan fasilitas pasar tradisional tersebut. 

Itu karena, jumlah pedagang pasar sangat banyak. Namun, fasilitas dan infrastruktur tidak memadai. Pasar tak mampu lagi menampung pedagang hingga mereka terpaksa meluber di jalanan, sehingga membuat pasar ini kerap disebut juga sebagai pasar tumpah. 

BHS dan Ketua DPC Gerindra Surabaya Cahyo Harjo Prakoso melihat langsung dan berbincang bersama pedagang. Mereka memberikan alasan mengapa memilih berjualan di pinggir Jalan Jepara. 

Prihatin atas kondisi itu, BHS berharap Pasar PPI mendapatkan perhatian dari Pemkot Surabaya, agar para pedagang bisa berjualan dengan tenang di kios-kios memadai. 

"Ini kan sebenarnya masih ada tanggung jawab daripada PD Pasar, yang di mana gedung ini kita harapkan bisa direnovasi dan bisa ditempatkan pedagang-pedagang di tempat ini," terang Bambang Haryo, Kamis (8/6/2023). 

Penempatan pedagang dalam satu area pasar tersebut tentu membutuhkan peningkatan fasilitas seperti penambahan lantai, sebab pasar PPI sekarang hanya mempunyai satu lantai saja. 

"Maka, fasilitas infrastruktur perlu dibenahi tidak hanya dari sisi lapak-lapak tapi juga mungkin akomodasi untuk orang istirahat, bapak-bapak perlu istirahat di situ," ujar  Caleg DPR RI tersebut.

Selain penambahan lantai, BHS juga mendorong pemerintah melengkapi Pasar PPI dengan alat pemadam kebakaran (APAR). 

Kemudian juga memberi kepastian penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada pedagang agar mereka mampu tetap berkembang dengan suntikan modal guna mendongkrak perekonomian. 

Sementara itu, Cahyo Harjo Prakoso juga memastikan akan mendorong fraksi Gerindra DPRD Surabaya untuk segera memperbaiki fasilitas Pasar PPI.

Hal ini, kata Cahyo, sebagaimana amanah UUD 1945 bahwa negara memiliki tanggung jawab untuk memberikan fasilitas layanan umum yang baik dan layak. 

"Fasilitas umum itu tidak hanya mengenai pelayanan di internal pemerintah tetapi juga fasilitas-fasilitas penunjang ekonomi dari wilayahnya. Karena itu kita berharap ada perbaikan," tegas Cahyo. 

Ia berharap pemerintah tidak melihat pasar tumpah sebagai sebuah kewajaran. Namun, perlu solusi untuk memberikan kepastian kelayakan bagi para pedagang. 

"Kan terkadang ada yang pro-kontra. selain itu kita jangan sampai tidak hanya menggerakkan ekonomi kerakyatan secara global,  karena kita tahu pedagang di sini beberapa bukan masyarakat asli sini.  Nah, infrastruktur pasar asli tadi kalau diberdayakan maka akan meningkatkan peran dari masyarakat asli wilayah sini untuk berdagang di lokasi pasar," ujarnya.

Selain menyapa dan mendengarkan keluh kesah pedagang Pasar PPI Jalan Jepara Kecamatan Krembangan, Bambang Haryo Soekartono (BHS), Ketua DPC Gerindra Surabaya Cahyo Harjo Prakoso dan jajaran Pengurus DPC Gerindra Surabaya juga memborong sebagian barang di lapak pedagang.(*)

 

 

Tombol Google News

Tags:

Pasar Krembangan Bambang Haryo Soekartono BHS Gerindra Surabaya Gerindra Jatim Cahyo Harjo Prakoso