Atasi Krisis Air, Bunda Indah Akan Kerjasama dengan Kabupaten Probolinggo

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Muhammad Faizin

23 September 2024 15:15 23 Sep 2024 15:15

Thumbnail Atasi Krisis Air, Bunda Indah Akan Kerjasama dengan Kabupaten Probolinggo Watermark Ketik
Bunda Indah dan Yudha Adji Kusuma, Cabup/Cawabup Lumajang (Foto : Tim Bunda Indah)

KETIK, LUMAJANG – Untuk mengatasi krisis air di wilayah utara Lumajang, Calon Bupati Lumajang, Indah Amperawati berjanji akan bekerjasama dengan bupati terpilih di Kabupaten Probolinggo guna menjalin kerjasama untuk mengalirkan air dari Probolinggo ke Lumajang.

Sejumlah desa di Kecamatan Ranuyoso yang merupakan wilayah paling utara dari Kabupaten Lumajang, sering mengalami krisis air minum ketika musim kemarau panjang.

Agar krisis air ini tidak selalu berulang setiap tahun, salah satu caranya adalah menyelesaikan secara permanen krisis air tersebut, diantaranya dengan memanfaat sumber air dari Danau di Ronggojalu Desa Tegal Siwalan Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo.

"Kita akan bekerjasama dengan Bupati Probolinggo terpilih agar nanti bisa memanfaatkan air dari danau Ronggojalu untuk memenuhi kebutuhan air di wilayah utara Lumajang," kata Bunda Indah, sapaan akrabnya ketika berada di Kecamatan Ranuyoso.

Wilayah utara Lumajang yang meliputi Kecamatan Ranuyoso, Klakah dan sebagian Kedungjajang memang sering mengalami krisis air ketika musim kemarau.

"Masalah ini sebenarnya sudah lama saya pikirkan. Mudah-mudahan nanti kalau saya terpilih sebagai Bupati Lumajang, masalah ini benar-benar bisa tertasi secara permanen, sehingga tidak lagi menjadi ancaman setiap tahun," ujar Bunda Indah kepada media ini.

Tombol Google News

Tags:

Ir. Hj. Indah Amperawati M.Si Yudha Adji Kusuma S.H. Cabup/Cawabup Lumajang Pilkada Lumajang berita lumajang hari ini