Apakah Membersihkan Telinga dengan Ear Candle Aman, Ini Faktanya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

9 Maret 2023 13:45 9 Mar 2023 13:45

Thumbnail Apakah Membersihkan Telinga dengan Ear Candle Aman, Ini Faktanya Watermark Ketik
Ilustrasi Penggunaan Ear Candle. (Foto: freepik)

KETIK, JAKARTA – Di era modern saat ini berbagai tren kesehatan terus bermunculan. Salah satunya Ear Candle. Ear Candle adalah sejenis lilin yang dibuat khusus untuk membersihkan area telinga. Produk ini dipercaya dapat membersihkan kotoran telinga.

Banyak orang tertarik mencoba produk ini karena terlihat mudah. Kita hanya perlu membakar lilin di salah satu ujungnya, lalu meletakkan ujung yang di telinga kita. Biarkan lilin terbakar dan kotoran akan keluar.

Namun yang menjadi pertanyaan, apakah aman menggunakan Ear Candle untuk membersihkan telinga? Berikut uraiannya.

1. Apa itu Ear Candle

Ear candle merupakan lilin berongga yang diletakkan di telinga. Menurut Verywell Health, ear candle terbuat dari katun atau linen rapat dan direndam dalam lilin lebah atau parafin hingga mengeras.

Saat dibakar panas lilin dipercaya dapat menarik kotoran telinga, atau ada juga yang berpendapat panas Ear Candle dapat melunakkan kotoran yang mengeras.

2. Apakah Ear Candle Dapat Membersihkan Telinga

Walaupun banyak orang yang percaya akan khasiat dari Ear Candle, namun ternyata produk ini belum terbukti secara ilmiah mengenai manfaatnya. Menurut National Health Service (NHS), tidak ada bukti ear candle dapat mengeluarkan kotoran telinga.

Butuh alat yang mampu mengisap dengan kuat untuk menarik keluar kotoran telinga. Satu studi menemukan bahwa tidak ada kekuatan isapan saat menggunakan ear candle. Di samping itu, suhu yang dihasilkan saat menggunakan ear candle terlalu rendah untuk dapat melelehkan kotoran telinga.

3. Kotoran Yang Keluar dari Ear Candle

Banyak orang beranggapan jika gumpalan atau kotoran yang tertinggal di ujung Ear Candle merupakan kotoran dari telinga. 

Namun, satu studi menemukan bahwa sesuatu yang tertinggal tersebut merupakan zat yang berasal dari lilin itu sendiri, bukan kotoran telinga, mengutip penjelasan Verywell Health.

4. Apakah Ear Candle Aman ?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika belum ada pembuktian ilmiah mengenai manfaat Ear Candle dalam membersihkan telinga. Dan dokter pun juga tidak merekomendasikan penggunaan produk ini.

Laman Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan juga menyebutkan bahwa banyak dokter yang tidak menyarankan penggunaan ear candle karena tidak terbukti efektif dalam membersihkan telinga.

Ear Candle Justru dianggap berbahaya karena kandungan kimia dan panas yang dihasilkan saat dibakar dapat menimbulkan cedera.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan Perawatan Telinga Ear Candle