Antisipasi Banjir Mojokerto, BPBD Jatim Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem Hingga Maret

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Gumilang

7 Maret 2024 08:00 7 Mar 2024 08:00

Thumbnail Antisipasi Banjir Mojokerto, BPBD Jatim Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem Hingga Maret Watermark Ketik
Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, MOJOKERTO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Timur (BPBD Jatim) mengimbau masyarakat beserta kewaspadaan menyusul prediksi BMKG Juanda soal potensi cuaca ekstrem hingga Maret. Ini untuk mengantisipasi Banjir Mojokerto terjadi di daerah lain.

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto menjelaskan dalam beberapa waktu ini akan terjadi cuaca ekstrem hingga Maret mendatang.

"Kami mohon BPBD Kabupaten/Kota untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiap siagaan hingga Maret," ujarnya pada Jumat (8/3/2024).

Gatot menjabarkan cuaca ekstreem yang terjadi dalam sepekan telah berakibat pada bencana hidrometeorologi di sejumlah daerah.

Bencana hidrometeorologi meliputi banjir, tanah longsor, angin kencang, puting beliung hingga hujan es.

"Kami juga meminta untuk berhati-hati utamanya saat terjadi hujan lebat disertai angin kencang. Hindari berteduh di bawah pohon," papar Gatot.

Khusus terkait potensi bencana angin kencang, ia mengungkapkan jika bencana ini telah mengalami peningkatan eskalasi dalam beberapa pekan terakhir.

Berdasar data Pusdalops BPBD Jatim per 28 Februari 2024, dalam dua bulan terakhir, jumlah kejadian bencana angin kencang di Jatim telah mendominasi dengan jumlah 47 kejadian.

Sedangkan kejadian banjir hanya tercatat 25 kejadian. Disusul angin puting beliung dan tanah longsor yang masing-masing hanya 3 dan 2 kejadian. (*)

Tombol Google News

Tags:

BPBD Jatim Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Timur BMKG Juanda Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto cuaca ekstrem maret Jawa timur