Angka Prevalensi Masih Tinggi, RI Belum Merdeka dari Stunting

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

18 Agustus 2024 13:39 18 Agt 2024 13:39

Thumbnail Angka Prevalensi Masih Tinggi, RI Belum Merdeka dari Stunting Watermark Ketik
Perwakilan BKKBN Jabar saat upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di halaman Kantor BKKBN Jabar, Sabtu (17/8/24). (Foto:BKKBN)

KETIK, BANDUNG – Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan RI di halaman Kantor BKKBN Jabar, Sabtu (17/8/2024).

Sekretaris Perwakilan BKKBN Jabar, Kukuh Dwi Setiawan bertindak selaku inspektur upacara membacakan amanat dari Kepala BKKBN RI Dr dr Hasto Wardoyo. 

Tema peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia adalah “Nusantara Baru, Indonesia Maju, ” yang mencerminkan tiga transisi utama yang sedang dihadapi bangsa Indonesia. 

Mulai dari menyongsong Ibu kota baru yang merupakan langkah strategis untuk mendukung pemerataan pembangunan dan meningkatkan efisiensi administratif, pergantian kepemimpinan yang diharapkan dapat membawa visi dan arah baru bagi negara, serta persiapan menuju Indonesia Emas 2045. 

Tantangan dalam menghadapi kondisi transisi di atas membutuhkan adanya SDM yang perlu dikembangkan, bukan hanya dari sisi kuantitas, namun juga sisi peningkatan kualitasnya. Baik secara fisik, keterampilan, karakter produktif, kedisiplinan, serta penguasaan teknologi terkini.

Terpenuhinya kebutuhan SDM berkualitas merupakan salah satu modal dasar dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045 sebagai negara yang maju dan Sejahtera. 

"Salah satu tantangan dalam mempersiapkan SDM Indonesia yang berkualitas saat ini, yaitu masih tingginya angka stunting yang hanya mengalami penurunan sebesar 0,1% dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu dari 21,6% menjadi 21,5%,", ungkap Kukuh. 

Berbagai intervensi spesifik dan sensitif telah dilakukan oleh pemerintah untuk menurunkan angka stunting. "Namun, tugas kita masih cukup berat karena target untuk tahun 2024 angka stunting harus mencapai 14%," sambungnya.

Pada upacara kali ini juga turut diserahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun dari Presiden RI. Sebagai bentuk penghargaan kepada PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila dan NKRI. Penghargaan diberikan kepada Angela Sri Melani Winyarti, Ketua Tim Kerja Akses, Kualitas Layanan KB dan Kespro.

Selepas upacara, diumumkan berbagai pemenang lomba-lomba dalam rangka peringatan HUT Ke-79 RI yang telah dilaksanakan sehari sebelumnya. Berhasil keluar sebagai juara umum para PPNPN di Lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat.(*)

Tombol Google News

Tags:

BKKBN BKKBN Jabar Stunting Merdeka Kemerdekaan merdeka stunting