Anggrek Tembus Pasar Ekspor, Bumdesma Singosari di Malang Raih Penghargaan Desa Devisa

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Gumilang

7 Agustus 2024 13:35 7 Agt 2024 13:35

Thumbnail Anggrek Tembus Pasar Ekspor, Bumdesma Singosari di Malang Raih Penghargaan Desa Devisa Watermark Ketik
Jajaran Bumdesma Singosari berfoto bersama usai menerima penghargaan sebagai desa devisa di Hotel Shangri-La Surabaya, Rabu (7/8/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) Singosari di Kabupaten Malang memiliki produk unggulan anggrek yang masuk dalam ekspor ke Amerika. Hal ini membuat Bumdesma tersebut mendapat penghargaan Desa Devisa dari Pemprov Jatim.

"Saya bersama teman-teman Bumdesma Singosari kali ini mengirimkan 100 pohon ke Amerika," ucap Direktur Bumdesma Singosari Malang, Agus Sudrikamto saat ditemui usai menerima penghargaan Desa Devisa dari Pemprov Jatim di Hotel Shangri-La Surabaya, Rabu (7/8/2024).

Potensi ekspor tanaman khas Indonesia memiliki peluang yang sangat besar. Dengan ciri khas berbeda dari tanaman dari negara lain yang membuat tanaman Indonesia lebih digemari pasar Internasional.

"Untuk jenis anggrek saat ini jenis Dendrobium Kriting yang memang sangat digemari pasar di luar," jelasnya. Agus menjelaskan jika sebelum ekspor ke Amerika, Bumdesma Singosari sudah lebih dulu mengirimkan ekspor ke Taiwan.

"Untuk pengiriman di Taiwan itu pangsa pasarnya cukup bagus," terangnya. Agus menjelaskan Bumdesma Singosari menghimpun petani anggrek yang ada di wilayah Singosari.

"Terlebih kami menghimpun petani yang memiliki green house seribu meter persegi," ucap pria asal Malang. Dengan menghimpun itu, Bumdesma Singosari memberikan peluang petani untuk mengirimkan tanaman anggrek.

"Mereka belum ada izin ekspor baru kami, jadi kami membantu petani yang memiliki potensi tanaman," tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Desa Devisa Bumdesma Singosari Singosari Malang Anggrek Ekspor tanaman