8 Hal yang Harus Diperhatikan saat Mudik Menggunakan Kereta Api

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

7 April 2024 19:00 7 Apr 2024 19:00

Thumbnail 8 Hal yang Harus Diperhatikan saat Mudik Menggunakan Kereta Api Watermark Ketik
Salah satu kereta api milik KAI, Jumat (5/4/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Mudik menggunakan kereta api sangatlah enak dan nyaman, namun jika sahabat Ketik.co.id ingin menggunakan moda transportasi darat ini harus mempersiapkan betul-betul. Berikut ini rangkuman 8 tips sebelum mudik menggunakan kereta api.

1. Bawa Makanan dan Minuman Secukupnya

Dalam perjalanan mudik Anda tentu masih menjalankan ibadah puasa. Alangkah baiknya menyiapkan makanan dan minuman sendiri untuk sahur dan berbuka. Pastikan makanan dan minuman yang Anda bawa tidak menyulitkan aat mengonsumsinya di kereta, karena kereta api memiliki ruang gerak yang terbatas.

Selain itu tentu saja lebih hemat, karena Anda tidak perlu membeli lagi di kereta. Dan juga makanan dan minuman yang dibawa bisa sesuai dengan selera Anda. Hati-hati dengan aroma makanan yang tidak mengenakan, karena dapat mengganggu penumpang lain.

2. Siapkan KTP dan Pilih Nomor Gerbong Kereta

Setelah Anda tiba di stasiun, petugas akan meminta KTP dan tiket kereta sesuai dengan pesanan Anda sebelumnya. Setelah itu Anda baru bisa masuk ke ruang tunggu kereta.

Jangan lupa juga cek nomor gerbong dan kursi kereta agar tidak salah memilih tempat duduk saat di dalam kereta.

3. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Mengingat perjalanan yang panjang, pastikan pakaian yang Anda kenakan nyaman untuk digunakan. Alangkah baiknya gunakan pakaian yang santai saat perjalanan mudik Lebaran. Jangan menggunakan pakaian yang membuat Anda sulit untuk bergerak karena kereta memiliki ruang gerak yang terbatas.

4. Datang Lebih Awal

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti barang tertinggal, alangkah baiknya Anda datang lebih awal ke stasiun dari jadwal keberangkatan Anda. Ini agar Anda memiliki cukup waktu untuk mencegah hal-hal tersebut. Selain itu dengan datang lebih awal, berarti Anda juga dapat lebih awal untuk barang-barang Anda di bagasi.

5. Bawa Barang Seperlunya

Jangan bawa barang yang berlebihan, karena akan membuat Anda repot. Selain itu kereta juga memiliki ruang bagasi yang terbatas.

6. Siapkan Obat-obatan yang diperlukan

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti sakit ataupun mabuk perjalanan alangkah baiknya Anda membawa obat-obatan, karena obat-obatan cukup sulit didapatkan di kereta api.

7. Periksa Barang Bawaan Anda Sebelum Naik dan Turun dari Kereta

Ingat untuk selalu cek barang bawaan Anda, jangan sampai tertinggal di stasiun maupun di dalam kereta. Petugas tidak akan bertanggung jawab atas kehilangan barang.

8. Siapkan Kendaraan Lanjutan

Mudik dengan kereta api biasanya tidak akan langsung membawa Anda tiba di kampung halaman Anda. Jadi ada baiknya Anda menyiapkan kendaraan lanjutan yang dapat membawa Anda menuju rumah tinggal Anda atau kerabat Anda.

Anda dapat menggunakan kendaraan umum, memesan ojek/taksi online, atau dapat juga meminta bantuan dari kerabat Anda untuk menjemput di stasiun. (*)

Tombol Google News

Tags:

mudik mudik gunakan kereta api Kereta Api cara mudik naik kereta api Surabaya Libur lebaran