7 Cara Ampuh Hilangkan Bau Petai di Mulut

Jurnalis: Arief
Editor: Rudi

7 Juni 2023 18:07 7 Jun 2023 18:07

Thumbnail 7 Cara Ampuh Hilangkan Bau Petai di Mulut Watermark Ketik
Petai bisa menimbulkan masalah dalam berkomunikasi lantaran bau yang menyengat. (Foto: Vecteezy)

KETIK, JAKARTA – Petai kerap disuguhkan sebagai lalapan makanan Indonesia. Tumbuhan dengan nama latin parkia speciosa kerap dikonsumsi dengan sambal sebagai pendamping menu utama. Sebetulnya petai tergolong tumbuhan tropis yang kaya manfaat untuk kesehatan tubuh.

Sebab di dalam petai terdapat kandungan protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, dan kalium.

Kandungan itu bisa untuk mengontrol gula darah, mengatasi infeksi, menyehatkan saluran pencernaan, menangkal radikal bebas, menurunkan kolesterol, dan menjaga kesehatan jantung.

Namun, petai kerap menimbulkan masalah. Sebab, tanaman jenis polong-polongan ini mengeluarkan aroma kurang sedap dari mulut. Mengonsumsi petai juga menimbulkan bau air seni lebih menyengat.

Ada trik ampuh untuk menghilangkan aroma mulut usai maklan petai. Simak ya:

Minum Kopi

Kopi tidak hanya memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan. Bahkan ampasnya bisa digunakan untuk mengusir tikus maupun menghilangkan bau di sepatu. Nah, untuk menghilangkan bau mulut usai makan petai juga bisa menyeduh kopi.

Mengonsumsi secangkir kopi hitam tanpa campuran gula, krimer, maupun susu, bisa menghilangkan bau mulut usai makan petai. Tunggulah 10-15 menit usai makan petai, Anda dianjurkan minum kopi secangkir. Sisakan beberapa seduhan untuk berkumur.

Teh Hijau

Minuman ini mengandung katekin, yakni suatu jenis antioksidan yang dapat melawan bakteri penyebab bau mulut. Setelah 10-15 menit usai mengonsumsi petai, disarankan untuk mengonsumsi teh hijau.

Menyikat Gigi

Cara ini paling ampuh untuk menghilangkan bau petai di mulut. Tapi jangan asal memilih pasta gigi. Pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride dan antibakteri yang bisa menghilangkan bau mulut.

Flossing

Cara ini juga disebut membersihkan gigi menggunakan benang. Cara ini bisa digunakan segera setelah mengonsumsi petai. Anda juga dianjurkan membersihkan gigi dengan cara flossing setiap hari guna menghindarkan dari bau mulut.

Sikat Lidah

Lidah adalah surga bakteri di mulut. Bisa jadi usai makan petai, kuman dan bakteri masih bertahan di area lidah. Anda dianjurkan menyikat lidah menggunakan sikat lidah guna menghilangkan bau. Tapi jangan terlalu kasar agar tidak menimbulkan luka.

Obat Kumur

Cara lain yang bisa dimanfaatkan adalah berkumur dengan obat kumur. Pilihlah obat kumur yang memiliki kandungan antiseptik untuk menghilangkan bau mulut. Setelah itu, jangan berkumur dengan air agar bisa menghilangkan bau petai.

Konsumsi Buah dan Air Putih

Mengonsumsi buah juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau petai. Buah dengan kandungan mineral tinggi banyak seperti pepaya, nanas, jambu air, apel, dan peer bisa mereduksi bau.

Itu sebabnya di beberapa rumah makan kerap disuguhkan buah seperti mentimun semangka, atau melon. Setelah itu konsumsilah air putih dalam jumlah banyak dan hindari merokok. ,(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan mulut petai bau mulut Kopi teh hijau