6 Makanan Enak, yang Turunkan Tekanan Darah

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Marno

19 Juni 2023 20:06 19 Jun 2023 20:06

Thumbnail 6 Makanan Enak, yang Turunkan Tekanan Darah Watermark Ketik
Ilustrasi. Buah-buahan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. (Foto: iStockphoto)

KETIK, JAKARTA – Tekanan darah tiiggi adalah suatu kondisi ketika tekanan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi. Biasanya hipertensi didefinisikan sebagai tekanan darah di atas 140/90, dan dianggap parah jika tekanan di atas 180/120.

Untuk atasi hal itu bisa dilakukan dengan 
perubahan gaya hidup. Salah satunya bisa dilakukan lewat pemilihan makanan.

Ada beberapa makanan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Selain rasanya enak, makanan-makanan ini juga cukup mudah didapat.

Tekanan darah tinggi dikenal dengan istilah hipertensi. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa berujung pada penyakit jantung dan stroke.

Selain rutin berolahraga, menjaga pola makan juga jadi salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi.

Makanan Penurun Darah Tinggi
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat membantu menurunkan tekanan darah. Berikut di antaranya, melansir Medical News Today.

1. Pisang
Kandungan potasium dalam pisang dapat membantu mengelola hipertensi. American Heart Association (AHA) menyebutkan, potasium dapat mengurangi efek natrium dan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah.

2. Buah Beri
Buah beri seperti blueberry dan stroberi jenis buah yang bisa menurunkan darah tinggi. Buah-buahan ini kaya akan senyawa antioksidan seperti antosianin.

Ditemukan dalam sebuah studi pada lebih dari 34 ribu orang dengan hipertensi selama 14 tahun. Peneliti menemukan, orang dengan asupan antosianin tertinggi, terutama dari blueberry dan stroberi, mengalami penurunan tekanan darahnya.

3. Kiwi
Kiwi juga bisa jadi makanan penurun tekanan darah. Studi menemukan, orang yang makan tiga buah kiwi per hari selama delapan minggu mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih signifikan daripada mereka yang hanya mengonsumsi apel per hari.

Selain itu, kiwi juga kaya vitamin C. Studi menemukan, asupan 500 miligram vitamin C per hari selama delapan minggu dapat membantu menurunkan tekanan darah

4. Semangka
Asam amino bernama citruline jadi satu hal yang membuat semangka bisa jadi salah satu makanan penurun tekanan darah.

Tubuh mengubah citruline menjadi arginine yang membantu produksi oksida nitrat. Nama terakhir merupakan gas yang melemaskan pembuluh darah. Efek ini dapat membantu aliran darah, yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Buah Bit
Minum jus bit dapat menurunkan tekanan darah dalam jangka pendek dan panjang karena kandungan nitratnya.

Studi tahun 2015 menemukan, seseorang hipertensi yang mengonsumsi 250 mililiter jus bit setiap hari selama empat minggu memiliki tekanan darah yang lebih rendah. Penurunan tekanan darah tercatat 7,7/5,2 mmHg selama periode 24 jam.

6. Bawang Putih
Bawang putih mengandung senyawa bernama alicin. Sebuah studi pada 2020 menemukan, asupan bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, melemaskan pembuluh darah, hingga mengontrol kolesterol.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat
 (*)

Tombol Google News

Tags:

Pisng bit beri Semangka Bawang gaya hidup darah tinggi Hipertensi