5 Manfaat Yoga Sebelum Tidur

Jurnalis: Arief
Editor: M. Rifat

15 Juni 2023 17:05 15 Jun 2023 17:05

Thumbnail 5 Manfaat Yoga Sebelum Tidur Watermark Ketik
Peregangan dan pernapasan yang dalam bisa memberi sinyal ke tubuh untuk segera tertidur. (Foto: seema).

KETIK, JAKARTA Gangguan tidur malam bisa berdampak negatif saat bangun. Ada banyak alasan yang menyebabkan susah tidur di malam hari. Tidak ada salahnya Anda mencoba yoga untuk meregangkan otot yang kaku.

Polly Liontis, seorang instruktur yoga dan sudah disertifikasi melalui Himalayan Institute and a Licensed Massage Therapist, menyebut yoga bisa meredakan stres, pembentukan keseimbangan, peningkatan fleksibilitas, dan latihan yang ringan pada persendian.

Berdasarkan riset yang dirilis Northshore University Healthsystem menyebutkan yoga yang dilakukan sebelum tidur sangat bermanfaat. Di antaranya meningkatkan aliran darah, otot-otot menjadi rileks, menurunkan tekanan darah, dan melepaskan ketegangan otot setelah bekerja.

Berikut lima manfaat yoga sebelum tidur yang dikutip dari Basic Yoga:

Cegah Insomnia

Yoga dan meditasi perlu dilakukan sebelum tidur guna menciptakan kebiasaan yang baik dan sehat. Salah satu manfaat melakukan yoga di malam hari untuk meningkatkan kualitas tidur.

Sirkulasi udara pada tubuh mendorong otot-otot di sekitar mata menjadi lelah. Hal ini bisa mendorong Anda untuk lebih cepat tidur, sekaligus mengurangi insomnia.

Tingkatkan Sirkulasi

Peregangan yang lambat dan pernapasan yang dalam sebelum tidur meningkatkan sirkulasi untuk menurunkan tekanan darah. Cara ini membantu mencegah pembekuan darah, sekaligus menyeimbangkan tingkat energi.

Sirkulasi yang sehat juga memperkuat sistem kekebalan tubuh, mendetoksifikasi tubuh, dan mendorong regenerasi sel. Sirkulasi prana, darah, dan cairan tubuh yang baik berdampak positif pada kesehatan, untuk meningkatkan kualitas tidur.

Menjaga Pola Tidur

Pola tidur yang baik sangat penting untuk istirahat malam. Gerakan dan pernapasan yang lambat akan mengirim sinyal ke tubuh bahwa Anda sudah waktunya istirahat malam. Sinyal itu membantu Anda lebih mudah tertidur.

Ada baiknya Anda beralih dari matras ke tempat tidur. Harapannya agar selepas yoga bisa langsung memjamkan mata di atas kasur.

Menurunkan Berat Badan

Memperkuat postur yoga bisa meningkatkan metabolisme sekaligus mendorong pembakaran lebih banyak kalori saat tidur. Berat badan yang sehat mengurangi mulas dan masalah pencernaan, serta meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini membantu tidur lebih nyenyak.

Jika Anda rutin latihan yoga bisa dimanfaatkan utnuk menurunkan berat badan. Sebaiknya Anda memutup seluruh Gerakan yoga dengan Shavasana untuk mendorong relaksasi sebelum tidur.

Pose Shavasana kelihatannya mudah, tapi sulit untuk dijalankan. Ketika melakukan pose ini banyak yang sulit rileks dan malah langsung tertidur. Padahal pose ini hanya untuk rileks dan tetap sadar.

Redakan Nyeri Otot dan Persendian

Peregangan dalam yang lambat bisa meredakan ketegangan otot, nyeri sendi, dan nyeri di malam hari. Banyak orang mengalami sakit dan nyeri tubuh setelah seharian bekerja, terutama orang yang bekerja dengan kaki atau banyak duduk di meja.

Jika tubuh terasa sakit dan tidak nyaman, akan sulit memejamkan mata. Pose yoga yang lembut adalah salah satu metode terbaik untuk mengurangi rasa sakit dan ketegangan agar tidur nyenyak. (*)

Tombol Google News

Tags:

yoga insomnia gangguan tidur tidur malam