167,87 Kilometer Jalan di Ngawi Butuh Perhatian, Perbaikan Direncanakan 3 Tahun

Jurnalis: Dimas Cheppy Rusadhi
Editor: Eko Suprayitno

3 Juli 2023 02:15 3 Jul 2023 02:15

Thumbnail 167,87 Kilometer Jalan di Ngawi Butuh Perhatian, Perbaikan Direncanakan 3 Tahun Watermark Ketik
Dinas PUPR Ngawi melakukan perbaikan jalanberkala. 167 Kilometer jalan di Ngawi Butuh Perhatian untuk perbaikan. (Foto: DPUPR Ngawi)

KETIK, NGAWI – Puluhan kilometer jalan rusak di Ngawi tahun 2023 ini mendapat jatah perbaikan. Puluhan jalan yang diperbaiki di Ngawi ini terbagi dalam dua pekerjaan yakni pekerjaan rekonstruksi dan pemeliharaan berkala.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Ngawi Rachmat Fitrianto.

Rachmat mengatakan tahun ini terdapat 46 kilometer jalan yang diperbaiki dari 744,17 Km total panjang jalan di Ngawi.

‘’37 kilometer rekonstruksi dan 9 kilometer lainnya pemeliharaan berkala,’’ kata Rachmat kepada Ketik.co.id ditemui dikantornya.

Menurutnya perbaikan jalan itu saat ini sudah berjalan  hingga kondisinya jauh lebih baik.

Rachmat mengatakan  dari 744,17 Kilometer jalan di Ngawi terbagi dalam 4 kondisi. Jalan dengan kondisi baik yaitu sepanjang 229,11 kilometer; 347,19 kilometer kondisinya sedang; 126,3 kilometer kondisinya rusak ringan; dan kondisi rusak berat sepanjang 41,57 kilometer.

Dinas PUPR menambahkan setidaknya terdapat 26,6 persen kondisi jalan atau sepanjang 167,87 Km yang memerlukan perhatian khusus.

‘’Salah satu hal yang dilakukan adalah dengan perencanaan perbaikan yang diperkirakan membutuhkan waktu kurang lebih 3 tahun,’’ tuturnya.

Kata dia, kondisi jalan bisa cepat rusak apabila terus menerus terkena hujan (cuaca ekstrim) dan dilewati kendaraan yang over tonase atau dengan beban muatannya melebihi batas dari kekuatan jalan.

‘’Sejumlah ruas jalan rusak akan dibeton agar umurnya lebih panjang. Karena perbaikan dengan metode pengaspalan masih terbilang rawan atau usia kondisi baiknya pendek,’’ paparnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Jalan Rusak di Ngawi Ngawi Ramah Ngawi Top Markotop Ngawi Terkini Ngawi Hari Ini Rachmat Fitrianto Dinas PUPR Kondisi Jalan di Ngawi