Yuk, Bakar Lemak dengan Olahraga Simpel Ini usai Lebaran

Jurnalis: Ias Abdullah
Editor: M. Rifat

25 April 2023 15:00 25 Apr 2023 15:00

Thumbnail Yuk, Bakar Lemak dengan Olahraga Simpel Ini usai Lebaran Watermark Ketik
Ilustrasi olahraga simpel. (Foto: Pixabay/Htchnm)

KETIK, JAKARTA Hari Raya Lebaran baru saja kita lewati. Di momen Idul Fitri saat berkumpul dan silaturahmi bersama keluarga, banyak menu lebaran yang menggiurkan.

Karena itu, kemungkinan besar berat badan akan mengalami kenaikan. Tapi tidak perlu khawatir, berikut solusi olahraga simpel untuk mengembalikan kebugaran tubuh dan menurunkan berat badan.

Jalan Kaki

Ini olahraga paling simpel di muka bumi. Anda tidak perlu repot-repot menggunakan alat. Cobalah berjalan kaki berkeliling komplek perumahan, atau menuju taman terdekat untuk mencari udara segar dan suasana yang menenangkan.

Rutin jalan kaki membantu anda menghilangkan lelah di kaki, apalagi jika kita berada terlalu lama di dalam kendaraan ketika mudik Lebaran. Latihan olahraga dengan intensitas rendah itu dilakukan selama 30 menit setiap 3 sampai 4 kali dalam seminggu untuk mengurangi lemak tubuh dan lingkar pinggang.

Senam

Salah satu kelebihan olahraga aerobik seperti senam adalah tidak memerlukan area yang luas. Senam bisa dilakukan di kamar tidur, atau ruang tamu yang luasnya terbatas. Beberapa jenis senam yang populer, salah satunya zumba. Untuk mengikuti gerakan senam ini, Anda bisa menonton video tutorial di YouTube.

Jogging

Jogging juga merupakan olahraga simpel yang bisa Anda lakukan setelah lebaran. Jogging bisa dilakukan di sekeliling komplek rumah dengan santai bersama kerabat. Pilihan olahraga satu ini sangat tepat dijalani bagi Anda yang berkeinginan untuk membakar kalori dan lemak di perut dalam waktu cepat, apabila dibandingkan dengan olahraga angkat beban.

Sebelum melaksanakan jogging, ada baiknya Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu. Bagi Anda yang belum terbiasa jogging, Anda bisa menetapkan target selama 20-30 menit setiap 3 hingga 4 kali dalam seminggu. Imbangi aktvitas olahraga ini dengan banyak mengonsumsi air putih, agar nantinya tidak mengalami dehidrasi.

Bersepeda

Bersepeda di lingkungan sekitar rumah tentu sangat mengasyikkan. Apalagi jika dilakukan bersama keluarga atau kerabat. Selain menyenangkan, bersepeda merupakan olahraga sederhana yang menyehatkan tubuj jika dilakukan secara rutin.

Bersepeda selama 30 menit dapat membakar sekitar 300 kalori. Selain efektif membantu untuk menurunkan berat badan, bersepeda juga dapat menjaga kesehatan jantung serta meningkatkan sensitivitas insulin.

Renang

Renang merupakan olahraga yang dapat melatih pernapasan. Selain itu, renang juga termasuk latihan kardio berdampak rendah. Olahraga ini bisa menjadi latihan yang intensif atau bentuk relaksasi dan rehabilitasi setelah kita mengalami cedera. Menambahkan beban saat berenang adalah cara yang tepat untuk membangun kekuatan. Sebab, kita bekerja melawan ketahanan air dan beban.(*)

Tombol Google News

Tags:

Olahraga bakar lemak tips