Yogyakarta Siap Gelar Ajang Bulu Tangkis Asia Junior Championship

Jurnalis: Ias Abdullah
Editor: M. Rifat

6 Juli 2023 23:47 6 Jul 2023 23:47

Thumbnail Yogyakarta Siap Gelar Ajang Bulu Tangkis Asia Junior Championship Watermark Ketik
Armand Darmadji, Ketua Pelaksana AJC 2023. (Foto: PBSI)

KETIK, YOGYAKARTA – Kota Yogyakarta siap menggelar turnamen bulutangkis bertajuk BNI Badminton Asia Junior Championships (AJC) 2023. Ajang terbaik yang diperuntukan bagi atlet-atlet muda berbakat di benua Asia ini bakal berlangsung di GOR Amongraga, Yogyakarta, 7-16 Juli 2023.

Ketua panitia penyelenggara AJC 2023, Armand Darmadji menyebut Pengurus Pusat PBSI dan PBSI Pengprov Daerah Istimewa Yogyakarta siap menggelar ajang bergengsi tersebut. Apalagi, turnamen ini digelar di kota yang memiliki sejarah panjang bulutangkis Tanah Air dengan melahirkan pemain-pemain kelas dunia.

“Rasanya tidak sabar menyambut para peserta di kota penuh sejarah buat bulu tangkis Indonesia. Kami juga bangga bisa menggelar turnamen ini di Yogyakarta,” ungkap Armand dalam konferensi pers di Hotel Victoria, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (6/7/2023).

Hadir dalam konferensi pers tersebut, Yunianto Dwisutono (Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkot Yogyakarta), perwakilan PBSI Pengprov Daerah Istimewa Yogyakarta, Ibnu Hajar serta empat pemain tuan rumah, Mutiara Ayu Puspitasari, Nikolaus Joaquin, Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu, dan Adrian Pratama.

Armand menyebut pihaknya merasa sangat bangga dan berbahagia kembali membawa turnamen bulu tangkis level internasional ke Kota Yogyakarta. Kejuaraan ini mempertandingkan dua kategori. Yaitu, beregu campuran dengan format seperti Piala Sudirman yang berlangsung pada 7-11 Juli dan perorangan (12-16 Juli).

"Persiapan di GOR Amongraga Yogyakarta sudah hampir rampung dan besok sudah siap menghelat ajang junior paling bergengsi di kawasan Asia," ucap Armand.

"Pada ajang ini kami akan menggunakan lima lapangan pertandingan, dengan lapangan satu sebagai tv court yang akan tayang di MNC Group sebagai media broadcasting kami. Selain dari layar kaca, penonton juga bisa menyaksikan melalui kanal youtube Badminton Indonesia,” tambah Armand.

Dia menambahkan, BNI Badminton Asia Junior Championships 2023 diharapkan juga membawa dampak positif dalam segala aspek. Mulai dari ekonomi, pariwisata, hingga olahraga itu sendiri.

“Terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Pengprov PBSI DIY atas kolaborasi dan kerja sama dengan kami dari PP PBSI untuk menggelar turnamen ini. Ajang ini diharapkan bisa membawa dampak positif mulai dari olahraga, ekonomi, dan juga pariwisata,” ujar Armand.

Pewakilan Pemerintah Kota Yogyakarta, Yuniarto Dwisutono mengucapkan terima kasih kepada PBSI yang memberikan kepercayaan terhadap daerahnya menyelenggarakan event akbar tersebut. Yogyakarta berharap adanya event internasional yang digelar bisa membangkitkan ekonomi, pariwisata, serta olahraga itu sendiri.

"Kami tidak hanya akan menyelenggarakan, tapi juga akan menyambut para atlet yang bertanding di sini dengan penuh penuh keramahan," ujar Yunianto.(*)

Tombol Google News

Tags:

Asia Junior Championship Yogyakarta pbsi