Wujudkan Lulusan Tinggi Kompetensi, Stikes Hang Tuah Resmikan Laboratorium Terpadu 

Editor: Shinta Miranda

7 Desember 2022 11:50 7 Des 2022 11:50

Thumbnail Wujudkan Lulusan Tinggi Kompetensi, Stikes Hang Tuah Resmikan Laboratorium Terpadu  Watermark Ketik
Potret salah satu fasilitas yang ada di Laboratorium Terpadu milik Stikes Hang Tuah Surabaya. (Foto: Dok. Stikes Hang Tuah)

KETIK, SURABAYA – Gedung Laboratorium Terpadu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Hang Tuah Surabaya yang memiliki 3 lantai dan beberapa fasilitas penunjang untuk uji kompetensi nasional bagi tenaga kesehatan. Peresmian ini dilakukan pada Rabu, (7/12/2022). 

Laboratorium Terpadu Stikes Hang Tuah Surabaya diresmikan langsung oleh Anggota Pembina Bidang Umum Yayasan Nala, Ketua Pengurus Yayasan Nala, Wakil Rektor III Universitas Hang Tuah Surabaya, Kadiskes Lantamal V, Organisasi Profesi seperti PERSAGI Jawa Timur, PORMIKI Jawa Timur, dan PPNI Kota Surabaya. Selain itu, juga dihadiri oleh Asosiasi Perguruan Tinggi lain seperti  APTIRMIKI, AIPVIKI dan AIPNI Jawa Timur. 

Diungkapkan oleh Ketua Pengurus Yayasan Nala Laksamana Muda TNI (Purn) B.Ken Tri Basuki, M.Si (Han), CHRMP, menjelaskan tentang pembangunan Laboratorium Terpadu yang pembangunanya selesai sebelum target. 

"Pembangunan gedung ini lebih cepat dari waktu yang ditargetkan, hanya memakan waktu selama 8 bulan dimulai dengan peletakan batu pertama yang dilaksanakan pada 28 April 2022," paparnya. 

Fasilitas yang ada di Laboratorium Terpadu Stikes Hang Tuah Surabaya. 

1. Memiliki fasilitas tempat parkir yang berada pada lantai  1, yang sanggup menampung 300-400 motor. 

2. Lantai 2 terdiri 24 ruangan pembelajaran Program Studi S1-Gizi untuk kegiatan praktek laboratorium, antara lain Dietetik dan Kuliner. 

3. Memiliki beberapa laboratorium seperti Kimia dan Analisis zat Gizi Pangan, Laboratorium Penilaian Status Gizi, laboratorium Konseling gizi ,laboratorium organoleptik ( menguji cita rasa ) dan beberapa ruangan yang mendukung dalam simulasi project learning layaknya di rumah sakit. 

4. Mempunyai konsep Instalasi gizi mini hospital dengan alur back to back diterapkan dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk menghindari tabrakan antar petugas dan tercampurnya bahan kotor dan bersih saat menyiapkan diet makanan untuk klien atau pasien. 

5. Lantai 3 ini terdapat 11 Ruang yang dapat dipergunakan untuk uji kompetensi skills dengan metode Objective Structured Clinical Examination (OSCE). 

6. Memiliki ruang penyimpanan alat, ruang IT, ruang pengawas pusat, ruang persiapan penguji, ruangan untuk menyiapkan klien yg akan menjadi pasien simulasi dalam ujian OSCE dan mempunyai ruang karantina. 

Ketua Stikes Hang Tuah Laksamana Pertama (Purn) Dr. A.V. Sri Suhardiningsih.,S.Kp.,M.Kes. mengungkapkan rasa bersyukur atas penyelesaian pembangunan Laboratorium Terpadu milik Stikes Hang Tuah Surabaya. 

"Kami bersyukur dapat membangun laboratorium terpadu ini, dengan tujuan Laboratorium terpadu ini dapat mewujudkan tenaga kesehatan yang kompeten dan tingkat kelulusan 100% bagi tenaga kesehatan yang akan melakukan Uji Kompetensi Nasional," paparnya. 

Sri Suhardiningsih juga membeberkan bahwa Tahun 2022, "Lulusan Stikes Hang Tuah Surabaya untuk prodi DIII Keperawatan mendapatkan hasil 100 % kelulusan dan 94.78% untuk program studi pendidikan profesi Ners saat uji kompetensi nasional pada tahun 2022," paparnya. 

Sebagai informasi, Stikes Hang Tuah Surabaya merupakan institusi pendidikan bagi tenaga kesehatan dibawah naungan Yayasan Nala yang telah berdiri sejak tahun 1987 oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut ( TNI AL). (*)

Tombol Google News

Tags:

Laboratorium Terpadu Stikes Hang Tuah TNI AL