Wujudkan Keluarga Berkualitas, Desa Senggreng di Kabupaten Malang Raih 2 Penghargaan

Jurnalis: Gumilang
Editor: Muhammad Faizin

11 Juli 2024 11:49 11 Jul 2024 11:49

Thumbnail Wujudkan Keluarga Berkualitas, Desa Senggreng di Kabupaten Malang Raih 2 Penghargaan Watermark Ketik
Kades Senggreng Rendyta Witrayani Setyawan, ketika menerima dua penghargaan di Ajang Harganas Tingkat Jatim di Surabaya. (Foto: Kades Senggreng for Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Pemerintah Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, berkomitmen mewujudkan keluarga berkualitas. Komitmen ini berbuah manis, dengan diraihnya dua penghargaan, Rabu, (10/7/2024) kemarin.

Dua penghargaan yang diterima yakni yang pertama melalui Kampung Berkualitas Jaya Manunggal meraih Juara 1 Kampung KB Tingkat Nasional (Regional 1 Kategori Kabupaten). 

Kedua, Juara 1 Rumah Dataku kategori Digitalisasi, Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Kedua penghargaan ini diraih saat Peringatan Harganas Tingkat Jatim di Surabaya.

Ajang tersebut diselenggarakan Pemprov Jawa Timur melalui BKKBN. Menanggapi raihan prestasi membanggakan ini, Kepala Desa Senggreng, Rendyta Witrayani Setyawan, mengucapkan terimakasih dan rasa syukurnya.

Menurutnya, prestasi membanggakan tersebut adalah buah kolaborasi seluruh perangkat dan masyarakat Desa Senggreng. Kolaborasi apik ini dikatakannya membuahkan hasil positif.

"Tentu ini bukan prestasi Pemerintah Desa Senggreng atau masyarakatnya saja. Tapi ini adalah buah dari kolaborasi dan kerjasama yang kami bangun selama ini," ujar Rendyta, Kamis, (11/7/2024).

Lebih lanjut ia mengatakan, dua penghargaan yang didapat oleh Desa Senggreng tersebut tentu menjadi bukti atas inovasi dan program yang dilakukan di desa yang ia pimpin. Apalagi, program itu tentunya juga telah sejalan dengan apa yang menjadi arahan oleh Pemerintah Pusat. 

"Tentu proses kami tidaklah mudah. Bagaimana kami menerjemahkan apa yang menjadi arahan pemerintah pusat, untuk dapat diterapkan di Desa Senggreng sesuai dengan kultur yang ada di Desa Senggreng," jelasnya.

Kendati demikian, dirinya tak ingin cepat berpuas diri. Artinya, prestasi yang telah berhasil didapat sekarang harus mampu menjadi pemicu agar seluruh elemen Desa Senggreng beserta masyarakatnya untuk berbuat positif. 

Termasuk dengan mempertahankan prestasi yang sudah didapat. Untuk dapat secara konsisten menerapkan inovasi yang sudah tercipta untuk dapat lebih bermanfaat bagi banyak masyarakat. Termasuk dalam mendukung terwujudnya Indonesia Emas di tahun 2045. 

"Menuju Indonesia Emas di tahun 2045 ini kan perlu kolaborasi semua pihak. Termasuk dari Desa Senggreng untuk dapat berkontribusi dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas," tuturnya.

Sebagai informasi, Kades Senggreng Rendyta Witrayani Setyawan, menerima penghargaan ini bersama Bupati Malang Sanusi dan unsur lainnya di Kabupaten Malang yang juga mendapat penghargaan pada kesempatan tersebut. 

Sebelumnya, Desa Senggreng Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang juga mendapat penghargaan tingkat nasional yakni Juara 1 Kampung KB Berkualitas Terbaik Tingkat Nasional 2024. (*)

Tombol Google News

Tags:

Desa Senggreng Kabupaten Malang Prestasi penghargaan Harganas Pemkab Malang