Wow! Performa Kecepatan dan Jangkauan Internet Telkomsel di IKN Unggul

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Gumilang

16 Agustus 2024 03:45 16 Agt 2024 03:45

Thumbnail Wow! Performa Kecepatan dan Jangkauan Internet Telkomsel di IKN Unggul Watermark Ketik
Ilustrasi penggunaan akses internet di kawasan Istana Garuda IKN. (Foto: Naufal/Ketik.co.id)

KETIK, PENAJAM PASER UTARA – Untuk mendukung kenyamanan layanan telekomunikasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Telkomsel menghadirkan 49 base transceiver station (BTS) 4G dan 5G, termasuk juga tersedia di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan dan wilayah pendukung lainnya.

Telkomsel juga telah memastikan konektivitas bagi para pelanggan yang akan memasuki wilayah IKN dengan mengoptimalkan jaringan di dua kota penyangga IKN yakni Balikpapan dan Samarinda.

Upaya ini mencakup 10 area khusus seperti bandara, pusat perbelanjaan, penginapan, dan jalan utama yang menghubungkan kedua kota dengan IKN.

Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna memastikan optimalisasi jaringan broadband terdepan, pihaknya berkomitmen untuk memberikan kenyamanan akses komunikasi di Ibu Kota Nusantara serta mendukung transformasi digital di berbagai sektor.

"Termasuk dalam rangka mewujudkan visi IKN menjadi kota berkelanjutan di dunia yang memiliki kapabilitas smart city berbasiskan teknologi masa depan," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/8/2024).

IKN bertempat di Provinsi Kalimantan Timur, ternyata punya performa kecepatan internet yang cukup cepat dibanding beberapa provinsi di Pulau Jawa. 

Menurut laporan dari perusahaan riset jaringan internet asal Inggris, OpenSignal, kecepatan internet di IKN lebih tinggi dibandingkan sebagian besar provinsi di Jawa.

Dari hasil studi OpenSignal, Kalimantan Timur mencatat rata-rata kecepatan unduh internet mencapai 16,3 Mbps. Angka ini hampir menyamai DKI Jakarta, yang memimpin dengan kecepatan unduh 17,5 Mbps. 

 Berikut kecepatan internet di beberapa provinsi Indonesia.

• DKI Jakarta: 17.5 Mbps
• Kalimatan Timur: 16.3 Mbps
• Banten: 15.7 Mbps
• Jawa Timur: 15.6 Mbps
• DI Yogyakarta: 14.7 Mbps
• Jawa Barat: 14.6 Mbps
• Jawa Tengah: 12.9 Mbps

Walaupun masih di bawah dari Jakarta, Kalimantan Timur udah lebih unggul dibanding Banten, Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Data ini diambil selama periode 1 Januari hingga 31 Maret 2022, dan menunjukkan bahwa provinsi-provinsi di Jawa, selain Jakarta, punya kecepatan unduh di kisaran 12 hingga 15 Mbps.

Jadi, Kalimantan Timur udah lebih cepat dari beberapa daerah yang dianggap lebih maju. Namun, kalau dilihat dari kecepatan unggah (upload speed), Kalimantan Timur masih belum terlalu kuat. Di sini, Kaltim cuma lebih unggul dari Jawa Timur, Yogyakarta, dan Jawa Tengah, tapi masih ketinggalan dari DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. 

Meskipun begitu, performa Kalimantan Timur secara keseluruhan tetap menunjukkan potensi besar, terutama dengan rencana pemerintah yang mau menjadikannya pusat IKN Nusantara.

Dengan infrastruktur yang terus dibangun dan kualitas jaringan internet yang semakin baik, Kalimantan Timur bisa jadi salah satu wilayah dengan konektivitas terbaik di Indonesia. Sebagai pusat pemerintahan baru harus siap mendukung infrastruktur yang baik di segala bidang. (*)

Tombol Google News

Tags:

sinyal IKN AgustusanIKN Ibu Kota Nusantara telkomsel Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna