Wow! Kwarda Jatim Akan Gelar Pertemuan Terbesar Pramuka Penegak Pandega Raimuna 2023

Jurnalis: Mustopa
Editor: Marno

15 Agustus 2023 10:49 15 Agt 2023 10:49

Thumbnail Wow! Kwarda Jatim Akan Gelar Pertemuan Terbesar Pramuka Penegak Pandega Raimuna 2023 Watermark Ketik
Logo Raimuna Jawa Timur XIV. (Foto: DKD Kwarda Jatim For Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Dewan Kerja Daerah (DKD) Kwartir Daerah Jawa Timur akan menggelar pertemuan terbesar Pramuka Penegak - Pandega. Kegiatan bertajuk Raimuna Daerah XIV ini akan digelar di Bumi Perkemahan Pantai Prigi, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek pada 16 - 21 November 2023 mendatang.

Raimuna Daerah XIV bisa menjadi yang terbesar di Jawa Timur karena akan melibatkan 1.520 peserta dari 38 kabupaten/kota. Bahkan, rencananya ada kegiatan yang bisa masuk dalam catatan Museum Rekor Indonesia.

Ketua DKD Kwarda Jatim, Al Khas Syahrun Niam mengatakan, kegiatan Raimuna Daerah XIV ini akan lebih fokus untuk pengabdian kepada masyarakat. Acara yang akan digelar tujuan akhirnya untuk membantu masyarakat di sekitar lokasi perkemahan.

”Intinya kalau di Penegak-Pandega pengabdiannya. Nanti kegiatan Raimuna muaranya kami ada kegiatan yang membantu masyarakat,” ungkapnya kepada Ketik.co.id, Selasa (15/8/2023).

Dijelaskan Al Khas, ada beberapa kegiatan yang menonjolkan kearifan lokal di sekitar Pantai Prigi, Watulimo, seperti pembuatan ikan asap, pembuatan gaplek, hingga pengolahan cengkeh. Harapannya peserta bisa merasakan kehidupan pesisir.

”Kami nanti mengoptimalisasi potensi daerah seperti di Pasir Putih ada terumbu karangnya. Itu kami eksplor terkait terumbu karang, entah nanti penanaman terumbu karang dan sebagainya,” jelas mahasiswa Ilmu Hukum Universitas Brawijaya ini.

Foto Kunjungan redaksi pengurus DKD Kwarda Jatim pada Selasa (15/8/2023). (Foto: Mustopa/Ketik.co.id)Kunjungan redaksi pengurus DKD Kwarda Jatim pada Selasa (15/8/2023). (Foto: Mustopa/Ketik.co.id)

Yang menarik dari Raimuna Daerah XIV di Trenggalek, konsumsi peserta menggunakan konsep pasar. Para peserta akan mengolah bahan makanan yang disediakan di pasar dengan tujuan membantu membangun perekonomian lokal.

”Ini untuk menghidupkan ekonomi kerakyatan. Jadi kontribusi kami tidak hanya untuk seru-seruan di sana, tapi juga berdampak terhadap perekonomian,” tegas pemuda asal Tuban ini.

Lebih lanjut, kegiatan Raimuna Daerah XIV akan mengusung tema ”Jawi Wetan Manunggal” yang artinya Jawa Timur Jawa Timur satu. ”Pesannya, intinya bagaimana Jawa Timur bisa satu utuh, satu tujuan, satu arah dan satu cita-cita,” tegas Al Khas dalam kunjungan redaksi ke kantor Ketik.co.id.

Al Khas Syahrun Niam bersama pengurus DKD Kwarda Jatim berkunjung ke kantor redaksi Ketik.co.id, Selasa (15/8/2023) siang. Mereka ditemui langsung CEO Ketik Media Siber, Kiagus Firdaus dan perwakilan manajemen.(*)

Tombol Google News

Tags:

Raimuna XIV Kwarda Jatim Penegak-Pandega trenggalek Jawa timur raimuna Penegak Pandega Pramuka Pramuka Jatim Logo Raimuna