Untuk Kembangkan Wilayah Ekonomi Baru, Cak Thoriq Ingin Bangun Kota Baru

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Muhammad Faizin

24 September 2024 16:50 24 Sep 2024 16:50

Thumbnail Untuk Kembangkan Wilayah Ekonomi Baru, Cak Thoriq Ingin Bangun Kota Baru Watermark Ketik
Cak Thoriq dan Ning Fika, saat mendapatkan nomor urut 1 dalam undian nomor urut yang diselenggarakan KPU (Foto : Tim Cak Thoriq)

KETIK, LUMAJANG – Usai pengundian nomor peserta Pilkada Lumajang, Calon Bupati Lumajang dengan nomor urut 1, DR. H. Thoriqul Haq menyatakan akan mulai menata kota untuk masa kepemimpinan lima tahun yang akan datang.

Menata kota itu, kata Cak Thoiq, panggilan akrabnya diantaranya akan membangun kota baru yang diharapkan menjadi penopang pengembanan ekonomi untuk wilayah sekitarnya.

"Kedepan kita akan mulai menata kota. Diantaranya dengan lahirnya kota baru sebagai penopang ekonomi baru selain kota Lumajang. Wilayah yang pertumbuhan ekonomi cukup pesat, bisa dikembangkan menjadi kota baru," kata Cak Thoriq.

Didampingi Ning Fika, Cak Thoiq kemudian mencontohkan Tempeh, Senduro dan Pasirian berpotensi untuk dikembangkan menjadi kota baru.

Selain menata kota baru, Cak Thoriq menyatakan akan mewujudkan Program Keluarga Harapan atau PKH Daerah. Hampir pasti PKH versi daerah ini akan berupa bantuan kepada warga yang dinilai memerlukan bantuan khusus untuk keluarga kurang mampu.

"Ada yang beda untuk program saya kedepan, diantaranya PKH Daerah," ujarnya kemudian.

Untuk mencapai tujuan ini Cak Thoriq berjanji akan melakukan optimalisasi pajak daerah, yang salah satunya dari pajak tambang pasir. 

"Stockphile terpadu akan kita buka kembali. Pajak daerah akan dikembangkan dengan elektronifikasi dan digitalisasi retribusi daerah. Melalui stockphile terpadu kita pernah dapat PAD  dari tambang pasir hampir Rp 22 milyar pada tahun 2023 kemarin. Ini sejarah PAD terbesar dari tata kelola tambang pasir di Kabupaaten Lumajang," urainya kemudian.

Tombol Google News

Tags:

Cak Thoriq-Ning Fika Pilkada Lumajang Nomor urut 1 Calon bupati/wakil Bupati Lumajang berita lumajang hari ini