Winner Best Public Speaking Beauty Muslimah Indonesia 2023 Bagikan Tips Tampil Percaya Diri

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Mustopa

14 Januari 2024 13:46 14 Jan 2024 13:46

Thumbnail Winner Best Public Speaking Beauty Muslimah Indonesia 2023 Bagikan Tips Tampil Percaya Diri Watermark Ketik
Khusnul Khotimah, Winner Best Public Speaking Beauty Muslimah Indonesia 2023 (Foto: Wandi Ruswannur/ketik.co.id)

KETIK, YOGYAKARTA – Winner Best Public Speaking Beauty Muslimah Indonesia 2023, Khusnul Khotimah, yang akrab dipanggil Elma membagikan tips agar tampil percaya diri.

Bagi pemilik akun media sosial Instagram @elma_act, sebagai muslimah yang aktif dalam bidang sosial, public speaking menjadi kebutuhan sekunder yang harus dipenuhi. Secara keseluruhan hal tersebut bukan hanya sekadar sebuah skill dan keterampilan saja.

"Akan tetapi menjadi tolak ukur dalam mencapai tujuan dalam berkomukasi dengan orang lain, dan dapat menjadikan pribadi yang lebih percaya diri dalam berbagai konteks kehidupan," kata Khusnul kepada media online nasional Ketik.co.id melalui pesan singkat Whatsapp, Minggu (14/01/2024).

Sebagai public figur, akademisi dan juga content creator, menurutnya skill public speaking sangat diperlukan kerena tidak hanya bermanfaat dalam situasi formal di atas panggung saja, akan tetapi juga berlaku dalam berbagai konteks sehari-hari.

"Seperti berinteraksi dengan orang sekitar, menjadi narasumber, memimpin sebuah tim, presentasi produk, atau bahkan dalam percakapan dengan teman, sahabat, rekan kerja dan keluarga. Oleh karena itu, public speaking bukan lagi sebuah skill dan keterampilan saja akan tetapi kebutuhan kita sebagai kholifah fil dalam mencapai kesuksesan dunia dan akhirat," ujarnya.

Ia menyebut, tampil percaya diri adalah keterampilan yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan dengan seiring berjalanya waktu. "Karena bagi saya the experience is the best teacher, dengan pengalaman dapat mengkritisi dan mengevaluasi diri dengan value dan ekses yang kita miliki," imbuhnya.

Lantas, ia membagikan beberapa tips yang dapat membantu sahabat muslimah untuk tampil lebih percaya diri, di antaranya mengenali dan menerima diri sendiri, menjaga penampilan dan kesehatan, menstimulasi diri dengan upgrade knowledge dan keterampilan, berbicara dengan bahasa tubuh yang positif, serta berlatih berbicara di depan umum.

"Sehingga manfaatnya bukan hanya dapat menunjukan kemampuan atau kompetensi yang kita miliki, ada beberapa manfaat positif jika kita percaya diri yaitu membuat mood jadi lebih baik, dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar, semangat menjalani hidup dan selalu bersyukur, dipercaya untuk menjadi pemimpin, dan menjadi komunikator yang baik," tandasnya.

Sebagai tambahan informasi, prestasi membanggakan yang telah diraih oleh Khusnul, yaitu:

1. Runner Up 3 Sing the Song of Struggle Magetan 2008
2. Runner Up 3 MTQ Gontor for Girls One 2012
3. Runner Up 2 Story Telling in Arabis IAIN Ponorogo 2015
4. Runner Up 2 Miss Hijabie Yogyakarta 2020
5. Best Public Speaking Beauty Muslimah Indonesia 2023

Tombol Google News

Tags:

Khusnul Khotimah Winner Best Public Speaking Beauty Muslimah Indonesia 2023 Cantik mahasiswi Tips Tampil Percaya Diri