Warung Sidik, Warung Legenda Kulineran di Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

9 April 2024 01:00 9 Apr 2024 01:00

Thumbnail Warung Sidik, Warung Legenda Kulineran di Kota Batu Watermark Ketik
Warung Sidik di Jalan KH. Agus Salim No.47, Kota Batu Jawa Timur. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Warung Sidik di Jalan KH. Agus Salim No.47, Kota Batu Jawa Timur merupakan salah satu warung legendaris di Kota wisata tersebut. Warung yang telah berdiri sejak 40 tahun lalu itu menyuguhkan berbagai menu khas Jawa Timur. 

Warung Sidik punya tampilan sederhana selayaknya warung makan. Tapi rasa makanan di sini sangatlah menggugah selera.

Ada beberapa menu disana yaitu, Rawon, Sop Buntut, Soto ayam, Soto Daging, Kari Ayam, Nasi Gudeg Krengsengan, Kikil, Ayam Bumbu, Bali Telur.

Juga ada, Pecel Ayam, Pecel Krengsengan, Pecel empal, Pecel Telur. Nasi Campur Ayam, Nasi Campur Krengsengan, Nasi Campur Empal dan Nasi Campur Telur.

Foto Seporsi Nasi Rawon di Warung Sidik Kota Batu (Foto: Suara.com/Dini Afrianti Efendi)Seporsi Nasi Rawon di Warung Sidik Kota Batu (Foto: Suara.com/Dini Afrianti Efendi)

Dari sekian menu Warung Sidik tersebut yang paling diburu pengunjung adalah Rawon. Rawon adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Makanan ini berupa sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek.

Satu porsi rawon di Warung Sidik tidak terlalu besar, hanya berisi nasi dan kuah pekat berisi kecambah atau toge serta 3 potong daging. Saat kuah rawon dan nasi bersatu, rasanya sangat sangat gurih.

Rasa perpaduan rempah rempah seperti kunir, ketumbar, kemiri menyatu dengan gurihnya kuah hitam rawon. Untuk satu porsi rawon ini dihargai Rp 20 ribu.

Selain itu, soto daging disajikan campur dengan nasi. Topingnya terdiri dari babat dan daging, serta soun dan toge. Begitu juga dengan soto ayam, yang membedakan hanya daging ayam sebagai toping utama. Harga perporsi dua soto ini Rp 20 ribu.

Untuk minuman ada teh, jeruk, es jeruk, kopi, jahe, susu, STMJ, kopi susu, dan sekoteng. Ada juga milkshake dan jus. Harga minuman ini mulai dari Rp 4 ribu untuk Teh hingga Rp 15 Ribu untuk jus Alpukat.

Itulah sekilas tentang Warung Sidik yang mungkin bisa menjadi rekomendasi anda saat berlibur di Kota Batu. (*)

 

 

 

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Warung Sidik Kuliner Rawon Libur lebaran