Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi Ingin Buat Festival Sambelan Tahun Depan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

19 Mei 2024 07:15 19 Mei 2024 07:15

Thumbnail Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi Ingin Buat Festival Sambelan Tahun Depan Watermark Ketik
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi merencanakan penyelenggarakan Festival Sambelan yang digelar pada Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) tahub 2025. Penyelenggaraan Festival Sambelan ini dilakukan untuk memperkenalkan kuliner lain khas Kota Surabaya selain Rujak Cingur.

Eri Cahyadi mengatakan, Kota Surabaya memiliki banyak kuliner khas yang berpotensi untuk diangkat dan meningkatkan jumlah wisatawan. Kuliner tradisional bukan sekadar hidangan semata, tetapi juga merupakan bentuk kearifan lokal yang memiliki nilai filosofi tersendiri.

"Kota Surabaya ini kan kulinernya banyak ya, salah satunya sambelan khas Surabaya. Surabaya terkenal akan makanan sambelannya yang pedas dan nikmat," jelas Eri saat ditemui di Balai Kota Surabaya, Minggu (19/5/2024).

"Nantinya dalam festival sambelan tentu ada rangkaian acara di mana kita menguleg sambel bersama, mirip dengan Festival Rujak Uleg," imbuhnya.

Nantinya, penyelenggaraan Festival Sambelan akan mewarnai rangkaian HJKS selanjutnya. Kuliner sambelan diangkat karena memiliki beragam jenis yang juga merupakan akulturasi dari berbagai budaya dan suku yang ada di Surabaya.

"Kota Surabaya memang terkenal akan kulinernya yang pedas, seperti rujak cingur dan sambelan. Sambelan sendiri dibagi lagi macam-macam. Oleh sebab itu kita ingin angkat sambelan ini agar lebih dikenal," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

HJKS Pemkot Surabaya Eri Cahyadi Kuliner Tradisional Festival Sambelan