Unik, Mujib Berangkat Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Blitar Pakai Andong

Jurnalis: Favan Abu Ridho
Editor: Mustopa

27 Agustus 2024 13:43 27 Agt 2024 13:43

Thumbnail Unik, Mujib Berangkat Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Blitar Pakai Andong Watermark Ketik
Mujib saat datang pelantikan mengendarai andong, Selasa, 27 Agustus 2024. (Foto: Favan/Ketik.co.id)

KETIK, BLITAR – Ada yang unik dari pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar untuk periode 2024-2029. Pasalnya, salah satu anggota dewan terpilih, Mujib berangkat ke tempat pelantikan mengendarai kereta kuda atau andong, Selasa, 27 Agustus 2024.

Mujib merupakan sosok yang dikenal dekat dengan rakyat dan memiliki kepedulian terhadap petani serta budaya lokal. Tidak hanya sesama anggota DPRD, tetapi masyarakat umum yang hadir untuk menyaksikan acara penting tersebut menyambut Mujib dengan meriah.

Kepada Ketik.co.id, Mujib menjelaskan alasan di balik pilihannya menggunakan andong ke tempat pelantikan, yaitu untuk simbol penghormatan kepada tradisi dan budaya.

“Saya memilih andong sebagai simbol penghormatan terhadap budaya dan tradisi lokal yang telah ada sejak lama. Ini juga merupakan usaha saya untuk melestarikan warisan budaya Blitar agar tetap relevan di tengah pesatnya modernisasi ini,” jelas Mujib.

Menurut Mujib, andong memiliki makna filosofis yang mendalam, menurutnya, ada kesederhanaan di moda transportasi zaman dulu ini. Dirinya ingin saat melayani masyarakat,  selalu sederhana dan rendah hati.

Selain itu, andong juga mengingatkannya pada masa kecil saat ia pergi ke pasar bersama ibundanya untuk berbelanja bahan pokok. 

“Andong adalah simbol kebersamaan dan kesederhanaan. Sebagai anggota DPRD, saya ingin membawa semangat kebersamaan ini dalam setiap kebijakan yang akan saya ambil," lanjut Mujib.

"Ini juga merupakan pengingat bagi saya dan rekan-rekan saya untuk tetap rendah hati dalam melayani masyarakat. Selain itu, kenangan saat saya ikut Ibu ke pasar juga merupakan bagian penting dari hidup saya,” imbuh politisi Gerindra tersebut.

Kehadiran Mujib dengan andongnya memberikan warna tersendiri pada prosesi pelantikan serta menegaskan komitmennya untuk mengedepankan nilai-nilai budaya lokal di tengah arus modernisasi. 

Pelantikan ini juga menandai awal tugas Mujib dan anggota DPRD lainnya untuk lima tahun ke depan, dengan harapan semangat yang dibawanya dapat menjadi cerminan komitmen seluruh anggota DPRD dalam menjaga dan mengembangkan nilai-nilai lokal di Kabupaten Blitar.(*)

Tombol Google News

Tags:

Mujib Andong Kereta kuda DPRD Kabupaten Blitar Blitar Gerindra