Unesa Pecahkan 2 Rekor Muri dan Raih Juara 1 IKU Nasional dalam HUT Ke-79 Kemerdekaan RI

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

17 Agustus 2024 15:24 17 Agt 2024 15:24

Thumbnail Unesa Pecahkan 2 Rekor Muri dan Raih Juara 1 IKU Nasional dalam HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Watermark Ketik
Rektor Unesa Prof Nurhasan saat menerima penghargaan Muri. (Foto: Humas Unesa)

KETIK, SURABAYA – Ada hal yang berbeda pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia yang digelar Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Sabtu (17/8/2024).

Bertepatan dengan momen HUT Ke-79 Kemerdekaan RI, Unesa berhasil memecahkan 2 rekor Muri. Rekor pertama sebagai perguruan tinggi yang membuat poster terbanyak berbasis kecerdasan buatan dan teknologi informasi lainnya dengan jumlah 632.

Kemudian rekor yang kedua, adalah rekor sebagai perguruan tinggi dengan mitra UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) bersertifikat produk halal terbanyak dengan total 160. 

Rektor Unesa, Nurhasan mengatakan bahwa rekor tersebut merupakan wujud spirit kemerdekaan salah satunya dalam bentuk gotong royong atau kolaborasi seluruh civitas untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara.  

Menurutnya prestasi yang dicapai merupakan bentuk kerja keras dan gotong-royong seluruh civitas akademica Unesa. Dengan hasil kerja yang dicapai diharapkan bisa berdampak positif bagi masyarakat sekitar.

"Semoga ini menjadi motivasi untuk selalu membawa Unesa satu langkah di depan. Ini semua berkat kerja keras semua pihak," jelas Nurhasan, Sabtu (17/8/2024)

Selain rekor Muri, Unesa juga berhasil meraih juara 1 IKU Nasional. Penghargaan ini terasa spesial karena Unesa harus bersaing ketat dengan kampus PTNBH lain yang juga memiliki kemampuan luar biasa.

Berbagai capaian ini menjadi motivasi besar bagi Unesa untuk memperkuat peran dan kontribusinya di masyarakat, termasuk dalam menyiapkan SDM unggul, mendukung visi Indonesia Emas 2045.

"Unesa terus bertransformasi melalui optimalisasi dan inovasi program-program MBKM sebagai wadah untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi yang dibutuhkan saat ini dan ke depan," tambahnya.

Sementara itu, Yusuf Ngadri perwakilan dari Muri menuturkan rekor pembuatan poster melibatkan mahasiswa misalnya yang tidak hanya sebagai wujud dari kolaborasi dan inovasi, tetapi juga sebagai sarana menggelorakan spirit kreativitas dan inovasi dalam mengisi hari perayaan kemerdekaan RI. 

"Ini sudah rekor Muri kesekian kalinya dari Unesa. Rekor-rekor tersebut merupakan inovasi yang selalu dihadirkan oleh Unesa dalam kontribusinya di masyarakat," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Unesa HUT Kemerdekaan RI ke-79 Rekor MURI Unesa Peringatan HUT RI Unesa Poster berbasis AI Unesa UMKM bersertifikat halal Unesa Juara 1 IKU Nasional Unesa