Toprak Ingin Jajal MotoGP Tahun Depan

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Rudi

9 April 2023 00:54 9 Apr 2023 00:54

Thumbnail Toprak Ingin Jajal MotoGP Tahun Depan Watermark Ketik
Toprak Razgatlioglu. (Foto: Yamaha Racing)

KETIK, JAKARTA – Setelah enam musim tampil di pentas World Superbike Championship (WSBK), pembalap Turki Toprak Razgatlioglu punya impian melanjutkan karier di MotoGP. Kebetulan, kontraknya bersama Pata Yamaha juga akan habis di akhir musim 2023 ini.

Keinginan juara dunia WSBK 2021 tersebut diungkapkan secara langsung dalam wawancara dengan Speedweek. “Memang tidak ada hal yang bisa diumumkan saat ini. Tapi aku sekarang punya mimpi ke motoGP,” ucapnya.

Tahun ini Toprak sudah memasuki musim keenamnya di WSBK. Performa terbaiknya sejauh ini adalah menjadi juara dunia 2021. Musim lalu, dia finis sebagai runner up di belakang pembalap Ducati Alvaro Bautista yang menjadi juara dunia WSBK 2022.

“Aku sudah menjadi juara dunia di sini (WSBK 2021). Jadi kenapa tidak aku mencobanya untuk MotoGP?" ucap pembalap kelahiran 16 Oktober 1996 tersebut.

Peluang pindah ke MotoGP makin terbuka karena Yamaha juga sudah pernah memberinya kesempatan menggeber motor pabrikan Yamaha di MotoGP yakni YZR-M1. Kesempatan itu dia dapat Juni tahun lalu di sirkuit Aragon.

Saat itu Toprak melibas 40 lap. Managing Director Yamaha di MotoGP Lin Jarvis saat itu mengakui kesempatan yang diberikan untuk Toprak tersebut sekaligus agar pihaknya tahu sejauh mana potensi Toprak menggunakan motor prototype MotoGP.

Kebetulan, kontrak salah satu pembalap tim pabrikan Yamaha di MotoGP Franco Morbidelli juga akan habis akhir musim ini. Pembalap Italia itu saat ini terus menjadi sorotan. Itu karena performanya tak kunjung moncer sebagai rekan setim Fabio Quartararo.

“Kalau pun jadi pindah aku tak mau hanya sekadar tampil. Aku ingin bertarung untuk juara dunia. Yamaha memang salah satu potensi tim yang bisa aku bela. Tapi jika tidak, aku masih bisa mencari tim lain,” ucap Toprak.(*)

Tombol Google News

Tags:

toprak yamaha Wsbk MotoGP