Tips Merawat Tangan Agar Tetap Halus

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

24 November 2023 18:40 24 Nov 2023 18:40

Thumbnail Tips Merawat Tangan Agar Tetap Halus Watermark Ketik
Ilustrasi Tangan. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Memiliki tangan yang kasar bagi sebagian orang dianggap sebagai hal yang mengganggu. Apalagi jika pekerjaan kita bersentuhan dengan manusia lain, maka tangan yang kasar dapat menurunkan rasa percaya diri.

Memiliki tangan yang halus dan lembut adalah dambaan setiap orang. Oleh sebab itu perlunya dilakukan perawatan tangan agar kita semakin percaya diri dalam bersosialisasi. 

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk merawat tangan, dan hal ini bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Berikut tipsnya:

1. Melindungi tangan secara fisik

Untuk menjaga tangan agar tetap halus kita bisa mulai dengan melindunginya secara fisik seperti memakai sarung tangan. Apalagi jika kita melakukan pekerjaan yang cukup berat, memakai sarung tangan bisa membantu melindungi tangan kita dari benda asing di luar.

2. Rajin mencuci tangan

Mencuci tangan setelah selesai melakukan pekerjaan adalah hal yang tidak boleh ketinggalan. Karena kita tidak pernah tahu benda yang kita pegang bersih atau tercemar bakteri dan virus. 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menawarkan pedoman untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik. Namun terlalu sering mencuci tangan dapat merusak kulit dan membuatnya menjadi kering dan kasar.

3. Menjaga tubuh terhidrasi 

Meminum air putih yang cukup adalah salah satu cara untuk menjaga kulit tangan tetap halus. Dengan menjaga tubuh terhidrasi akan mencegah kulit menjadi kering karena kekurangan cairan.

Minum cukup air dapat membantu mendetoks tubuh, yang dapat memperbaiki kulit dan membuatnya lebih bercahaya. 

4. Gunakan tabir surya

Kulit di tangan juga sama rentannya terhadap sinar ultraviolet matahari yang merusak seperti halnya kulit di bagian tubuh lainnya. Saat cuaca sangat panas, oleskan tabir surya dengan SPF tinggi.

5. Gunakan body lotion

Jangan lupa gunakan lotion untuk melembabkan kulit. Cara ini cukup efektif untuk menghaluskan kulit dan mencegah kulit tangan menjadi kering.(*)

Tombol Google News

Tags:

tips Perawatan tangan kering lotion hidrasi