Tips Menjaga Semangat Tahun Baru Terus Membara Sepanjang Tahun

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

2 Januari 2024 11:00 2 Jan 2024 11:00

Thumbnail Tips Menjaga Semangat Tahun Baru Terus Membara Sepanjang Tahun Watermark Ketik
Ilustrasi 2024. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Suasana meriah perayaan tahun baru 2024 membawa kebahagiaan bagi banyak orang dalam menyongsong lembaran baru. Banyak orang bersemangat dan termotivasi untuk pencapaian setahun kedepan.

Banyak orang membuat resolusi dan bersemangat untuk mencapainya di tahun 2023. Memulai tahun baru dengan semangat dan sikap optimis memang bagus, tapi pastikan dirimu tetap waspada dan realistis.

Jangan sampai semangat ini hanya bertahan di awal tahun saja. Selalu ingat dan lakukan lima kunci di bawah ini agar semangatmu tak kendor sepanjang tahun.

 

1. Buat goal yang realistis

Buat goal atau target yang simpel dan tidak muluk-muluk agar dirimu tidak kepayahan dalam memenuhinya. Percuma resolusi tinggi kalau hanya jadi sebatas resolusi. Percuma harapan tinggi kalau kelak hanya membuatmu gigit jari. Jadi, bijak-bijaklah dalam menetapkan tujuan di awal tahun.

Foto Ilustrasi resolusi tahun baru. (Foto: Pexels)Ilustrasi resolusi tahun baru. (Foto: Pexels)

 

2. Berkomitmen dengan resolusi yang dibuat

Senang atau tidak, setelah membuat resolusi dirimu harus berkomitmen untuk memenuhinya. Kamu harus bersungguh sungguh bekerja keras untuk memenuhi resolusi yang kamu buat.

Namun satu hal yang harus disadari, dalam satu tahun ini hidup tidak akan selalu bahagia, akan ada sedih dan bimbang. Maka dari itu tetaplah bersemangat.

 

3. Hindari orang toxic 

Salah satu penyebab semangat kita kendor ialah salah pergaulan. Berkumpul dengan orang-orang yang ucapannya menjatuhkan dan candaannya membuat sakit hati.

Sebagai salah satu resolusi tahun ini, habiskan lebih sedikit waktu dengan orang-orang toxic seperti itu. Bahkan kalau bisa, hindari saja. Waktumu terlalu berharga untuk diisi dengan orang-orang negatif.

 

4. Ingat jika goalmu jangka panjang

Sulit bagi kita untuk mempertahankan semangat ketika goal kita hanya jangka pendek. Karena itu mulai sekarang, tulislah tujuan atau resolusi yang berguna dalam jangka panjang.

Bukan berarti goal jangka pendek gak penting—ini bagus untuk mempertahankan semangatmu. Goal jangka panjang berguna untuk selalu mengobarkan semangatmu agar tetap menyala sepanjang tahun.(*)

Tombol Google News

Tags:

lembaran baru Tahun baru 2024 resolusi Kebahagiaan goals Semangat tahun baru