Tingkat Provinsi Rampung, Juara LKS Jatim ke-31 Siap Bersaing di Nasional

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

27 Mei 2023 03:50 27 Mei 2023 03:50

Thumbnail Tingkat Provinsi Rampung, Juara LKS Jatim ke-31 Siap Bersaing di Nasional Watermark Ketik
Penutupan LKS Jawa Timur ke-31 oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wahid Wahyudi, Jumat (26/5/2023). (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Provinsi Jawa Timur yang ke-31 di Jember resmi ditutup pada Jumat (27/5/2023) sore di Gedung Serbaguna Soetrisno Widjaja Politeknik Negeri Jember.

Terdapat 54 cabang lomba dengan berbagai kompetensi keahlian yang dilombakan di LKS Jawa Timur.

Rangkaian acara penutupan LKS diisi dengan penyerahan trofi kepada para juara 1, 2, dan 3 serta piala bergilir kepada peraih Juara Umum.

Juara Umum LKS Jawa Timur ke-31 diraih oleh cabang Dinas Pendidikan Kota Malang dan Batu.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wahid Wahyudi menyampaikan bahwa peserta LKS tahun 2023 mengalami peningkatan. Tahun 2022 peserta yang mengikuti sebanyak 918 siswa, sedangkan tahun 2023 mencapai 1.620 siswa yang diadu keahliannya.

"Jadi ada peningkatan 76 persen. Ini menunjukkan bahwa atensi siswa dan sekolah untuk menampilkan kompetensi siswanya meningkat tajam," ungkap Wahid usai penutupan LKS Jawa Timur.

Pihaknya akan memberikan perhatian khusus kepada peraih juara 1 dari masing-masing cabang lomba untuk mengikuti LKS tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada November mendatang di Surabaya.

Siswa peraih juara 1 akan diberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensinya sesuai dengan dunia usaha dan industri kerja (dudika).

"Semua juara 1 sudah kami minta kepada para kepala sekolah untuk memberikan pelatihan yang intensif. Dengan menggandeng dudika, perguruan tinggi termasuk politeknik," ujar Wahid.

Hal tersebut merupakan upaya dari Dinas Pendidikan Jawa Timur untuk meraih harapan Jawa Timur menjadi Juara Umum di tingkat nasional.

"Provinsi Jawa Timur betul-betul siap bertarung. Target juara umum LKS tingkat nasional tahun 2023," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

LKS Jawa timur Lomba Kompetensi Siswa Jember Juara Umum