Tim SAR Gabungan Masih Terus Cari Pete yang Tenggelam di Sungai Rupit

Jurnalis: Bubun Kurniadi
Editor: M. Rifat

12 Maret 2024 11:08 12 Mar 2024 11:08

Thumbnail Tim SAR Gabungan Masih Terus Cari Pete yang Tenggelam di Sungai Rupit Watermark Ketik
Tim SAR gabungan kembali melanjutkan pencarian terhadap Pete Sanjaya (44th/Lk) di sungai Rupit, Sumatera Selatan. (12/3/2024). (Foto: SAR Palembang)

KETIK, PALEMBANG – Tim SAR gabungan kembali melanjutkan pencarian terhadap Pete Sanjaya (44th/Lk), warga dusun I Desa Embacang Baru Ilir Kec. Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan yang tenggelam di sungai Rupit.

Kepala Kantor Basarnas Palembang Raymond Konstantin didampingi Kasubsi Operasinya Manca Rahwanto mengatakan pihaknya mendapat informasi terjadi kondisi membahayakan manusia tersebut pada Senin sore (11/3/2024)) sekitar Pukul 16.10 WIB. 

Berbekal informasi tersebut Raymond langsung memerintahkan satu team Rescue yang berada di Pos SAR Lubuk Linggau lengkap dengan peralatan SAR Air berangkat menuju lokasi kejadian guna melakukan pencarian terhadap korban.

Kejadian berawal pada senin (11/3/2024) pukul 11.30 wib, korban sehabis beraktivitas dari kebun hendak mandi di tepian aliran sungai rupit di Dusun I Desa Embacang Baru Ilir bersama sejumlah warga lainnya.

Namun, saat sedang mandi korban mengalami kejang-kejang hingga membuatnya jatuh ke sungai.

"Warga yang melihat kejadian tersebut berusaha melakukan pertolongan namun karena derasnya arus sungai sehingga membuat korban tenggelam," ujar Raymond.

Pencarian Selasa (12/3/2024) merupakan pencarian hari kedua terhadap korban. Untuk proses pencarian sudah dimulai sejak pukul 07.00 wib pagi bersama dengan potensi SAR seperti BPBD Musi Rawas Utara, Tagana, Aparat Desa dan Masyarakat.

Pencarian dilakukan dengan membagi Tim SAR gabungan menjadi dua (2) SRU. SRU 1 melakukan pencarian dengan cara penyisiran permukaan air menggunakan perahu karet dan perahu-perahu masyarakat, sedangkan SRU 2 jika memungkinkan akan melakukan penyelaman dil okasi awal kejadian serta lokasi-lokasi yang dicurigai adanya korban.

"Semoga dengan banyaknya potensi SAR yang terlibat dan berbagai upaya yang kita lakukan, korban dapat segera kita temukan," pungkas Raymond. (*)

Tombol Google News

Tags:

Basarnas Palembang Basarnas SAR