Tiga Alasan Mi Instan Tidak Baik untuk Kesehatan

Jurnalis: Mustopa
Editor: Marno

2 Agustus 2023 20:56 2 Agt 2023 20:56

Thumbnail Tiga Alasan Mi Instan Tidak Baik untuk Kesehatan Watermark Ketik
Ilustrasi mi instan (Foto: Alodokter)

KETIK, JAKARTA – Mi instan merupakan salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia. Rasanya yang nikmat menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat untuk mengonsumsinya.

Namun, di balik kenikmatan yang dihadirkan, ternyata makanan ini berbahaya bagi kesehatan. Ada beberapa kandungan di dalamnya yang berisiko untuk tubuh.

Berikut 3 alasan mi instan tidak baik untuk kesehatan seperti dilansir parkwayeast:

Tinggi Sodium

Salah satu alasan mie instan tidak baik untuk kesehatan karena tinggi sodium. Dalam satu porsi mi instan mengandung 397 mg sodium bahkan lebih.

Mengonsumsi mi instan juga akan membuat tubuh kesulitan menjaga asupan natrium. Padahal, natrium sangat penting bagi kesehatan.

Mengandung MSG

Mi instan juga mengandung MSG yang dianggap berbahaya bagi kesehatan dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Bahkan, MSG dikaitkan dengan obesitas.

MSG sering dikaitkan dengan sakit kepala, mual, tekanan darah hingga jantung berdebar-debar. Namun, dalam jumlah sedang, MSG dinilai tidak memberikan efek samping.

Rendah Serat dan Protein

Mi instan merupakan makanan yang rendah serat dan protein. Padahal kedua keduanya sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk kesehatan pencernaan.

Rendahnya serat bisa berpengaruh terhadap pencernaan hingga menyebabkan sembelit dan penyakit divertikular. Sementara protein meningkatkan rasa kenyang.(*)

Tombol Google News

Tags:

Mie instan Bahaya