Tetap Waspada, Berikut Tips Aman Istirahat di Rest Area Tol saat Arus Balik

Jurnalis: Ias Abdullah
Editor: M. Rifat

25 April 2023 02:30 25 Apr 2023 02:30

Thumbnail Tetap Waspada, Berikut Tips Aman Istirahat di Rest Area Tol saat Arus Balik Watermark Ketik
Rest area Tol Kertosono-Ngawi. (Foto: Jasa Marga Kertosono-Ngawi)

KETIK, JAKARTA Masyarakat yang menjalani arus balik setelah hari raya Lebaran pengguna jalan Tol dapat memanfaatkan rest area untuk istirahat.

Ini penting supaya dalam perjalanan panjang menggunakan mobil pribadi, masyarakat bisa tetap semangat dengan kondisi tubuh tetap fit. Namun, selama di rest area penting juga untuk tetap menjaga keamanan pribadi dan keluarga.

Kementerian Perhubungan menyampaikan beberapa tips bagi masyarakat yang melakukan perjalanan dengan mobil pribadi agar tetap aman dan nyaman saat beristirahat di rest area.

1. Pastikan mobil terkunci

Pastikan mobil anda sudah terkunci dengan benar saat akan meninggalkannya di area parkir untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Jangan tinggalkan barang berharga

Selain itu, jangan pernah meninggalkan barang-barang berharga yang anda bawa di dalam mobil karena tindak kejahatan bisa terjadi dimana dan kapan saja.

3. Hindari istirahat di dalam mobil

Hindari juga beristirahat di dalam mobil. Jika situasi dan kondisi mengharuskan anda beristirahat di mobil, pastikan untuk mematikan AC mobil untuk menghindari bahaya seperti keracunan gas karbon monoksida atau CO dari sisa pembakaran mobil.

4. Manfaatkan rest area dengan optimal

Saat berada di rest area, manfaatkanlah dengan optimal. Gunakanlah fasilitas di rest area untuk beristirahat, makan, beribadah, mengisi bahan bakar, dan pergi ke toilet. Jangan lupa juga beli perbekalan untuk di mobil.

5. Jangan terlalu lama di rest area

Jangan terlalu lama juga saat berada di rest area. Gunakan waktu selama 30 menit maksimal untuk menghindari adanya penumpukan kendaraan.

6. Pastikan istirahat dengan benar

Saat mudik dengan mobil pribadi, tentunya akan menempuh perjalanan yang jauh. Pastikan anda beristirahat dengan optimal. Istirahatlah setelah 4 jam berkendara dan bergantian mengemudi setelah 8 jam berkendara. Anda juga bisa keluar dari jalan tol untuk beristirahat dengan lebih maksimal.(*)

Tombol Google News

Tags:

tips Rest area lebaran Arus Balik mudik