Terlihat Kurus Belum Tentu Bebas Lemak, Simak Penjelasan dan Solusinya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Naufal Ardiansyah

4 November 2023 03:09 4 Nov 2023 03:09

Thumbnail Terlihat Kurus Belum Tentu Bebas Lemak, Simak Penjelasan dan Solusinya Watermark Ketik
Ilustrasi tubuh kurus. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Memiliki tubuh langsing sudah pasti menjadi idaman banyak orang. Tubuh langsing membuat penampilan seseorang akan lebih menarik dan akan menaikkan rasa percaya diri.

Namun ternyata terlihat langsing belum tentu sehat. Orang yang memiliki tubuh langsing ternyata bisa saja memiliki banyak lemak di tubuhnya.

Tipe tubuh skinny fat dikaitkan dengan karakteristik berikut:

• Berat badan ideal

• Kurangnya massa otot

• Mudah lelah

• Kecenderungan menyimpan lemak di daerah perut bagian bawah

Kondisi tersebut terkait dengan berbagai masalah kesehatan potensial, seperti diabetes dan penyakit jantung.

Namun dengan pola hidup yang sehat seperti olahraga, diet, mengonsumsi makanan sehat dapat memperbaiki kondisi skinny fat. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan.

1. Perbaiki pola makan

Mengkonsumsi karbohidrat sederhana dan gula ternyata dapat menyebabkan lonjakan insulin tubuh. Dan insulin sendiri merupakan hormon yang menyimpan lemak perut, selain itu memicu perubahan hormonal, dan metabolisme yang menyebabkan hilangnya otot.

Ini selanjutnya membuat tubuh menyimpan lemak viseral dan akhirnya meningkatkan potensi mengembangkan diabetes tipe 2.

Ganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks, seperti sayur-sayuran, buah-buahan utuh, dan polong-polongan. Jenis karbohidrat ini akan memicu respons insulin yang lebih ringan dan mencegah lonjakan.

2. Latihan kekuatan untuk bangun otot

Dengan melakukan latihan kekuatan atau beban maka massa otot kita akan bertambah. Massa otot yang bertambah akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mencegah penumpukan lemak.

Apa pun bentuk latihan yang kamu pilih, penting untuk berlatih sebanyak 3–4 kali per minggu. Ini tidak hanya akan meningkatkan kekuatan, ukuran, dan nada otot, tetapi juga akan meningkatkan partisi nutrisi.

3. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup sangat berperan penting terhadap kesehatan tubuh. Dengan tidur minimal 8 jam sehari akan membuat tubuh berenergi untuk beraktivitas dan berolahraga. 

4. Mengkonsumsi banyak protein

Jika kamu kurus dan memiliki perut buncit, meningkatkan asupan protein akan memberikanmu banyak manfaat. Protein akan membantu mempertahankan massa otot, menyediakan bahan penyusun untuk meningkatkan massa otot, menangkal rasa lapar, dan kecepatan laju metabolisme.

5. Jaga asupan kalori defisit

Selain mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga. Kamu juga harus menjaga asupan makananmu tetap defisit. Dengan kalori defisit akan meningkatkan pembakaran lemak. (*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan kurus lemak diet gaya hidup otot pola makan