Terima Dubes Palestina, Gubernur Khofifah Serius Bahas Pendidikan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

14 Juni 2023 08:09 14 Jun 2023 08:09

Thumbnail Terima Dubes Palestina, Gubernur Khofifah Serius Bahas Pendidikan Watermark Ketik
Gubernur Khofifah saat menerima Dubes Palestina, Dr. Zuhair di Gedung Negara Grahadi, Selasa (13/6/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima kedatangan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Dr. Zuhair, S.M. Al-Shun, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (13/6/2023) malam.

Pada pertemuan yang berlangsung secara tertutup tersebut, kedua belah pihak membahas mengenai kerja sama di berbagai bidang terutama bidang pendidikan. Bidang pendidikan menjadi perhatian tersendiri bagi Pemerintah Palestina, hal ini dikarenakan banyak mahasiswa asal Palestina yang menempuh pendidikan di Indonesia salah satunya Jawa Timur.

Gubernur Khofifah pun menyambut baik hal tersebut, bahkan dirinya bersedia memfasilitasi pertemuan antar rektor berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk membahas peluang beasiswa bagi mahasiswa Palestina.

“Jika Pak Dubes berkenan, kami akan jadwalkan pertemuan dengan para rektor terkait. Sebagai pembahasan awal terkait program beasiswa bagi mahasiswa Palestina di Jatim," jelas Khofifah.

Jawa Timur memiliki berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta yang menjadi jujugan bagi mahasiswa Palestina untuk menuntut ilmu. Itu seperti Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Islam Negeri di Surabaya dan Malang, Universitas Brawijaya dan beberapa kampus swasta seperti Universitas Islam Malang (Unisma), Universitas Muhammadiyah dan lainnya.

Foto Gubernur Khofifah dan Dr. Zuhair saat berbincang di Gedung Negara Grahadi, Selasa (13/6/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Gubernur Khofifah dan Dr. Zuhair saat berbincang di Gedung Negara Grahadi, Selasa (13/6/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Sementara itu, Dubes Zuhair mengatakan, banyak mahasiswa Palestina yang menempuh pendidikan, terutama pendidikan tinggi di Jawa Timur. Beberapa bahkan mendapatkan program beasiswa.

"Kami menyambut baik tawaran Ibu Gubernur untuk mempertemukan kami dengan beberapa rektor perguruan tinggi di Jatim. Dari pertemuan ini mungkin kita bisa melakukan kerja sama terkait program beasiswa," ujarnya.

Pada momen tersebut Gubernur Khofifah juga mengajak Zuhair untuk melihat Sungai Kalimas yang berada di belakang Gedung Negara Grahadi. Zuhair tampak kagum dengan keindahan Sungai Kalimas yang dihiasi aneka lampu.

“Banyak orang menjuluki Sungai Kalimas ini ‘Little Venice’ karena di sini juga ada wisata perahu yang bisa dinikmati masyarakat," ucap Khofifah.

Tidak hanya menikmati keindahan Gedung Negara Grahadi, Mantan Menteri Sosial RI tersebut juga memperkenalkan makanan khas Jawa Timur, rawon kepada Dubes Zuhair sajian itu sengaja disajikan untuk memperkenalkan keunggulan Jatim.

"Tadi kita juga makan bersama menunya rawon yang merupakan makanan khas Jawa Timur. Dan juga tadi juga ada duren kembang yang sangat langkah. Alhamdulillah saya bisa dan menyajikannya kepada pak dubes," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Dubes Palestina Gubernur Khofifah Jawa timur kerja sama beasiswa pendidikan